NILAI-NILAI AKHLAK DALAM TAFSIR AL-HUDA KARYA BAKRI SYAHID DAN TAFSIR AL-QUR’AN SUCI BASA JAWI KARYA MUHAMMAD ADNAN

Thoriq Fadli Zaelani, NIM.: 17205010020 (2021) NILAI-NILAI AKHLAK DALAM TAFSIR AL-HUDA KARYA BAKRI SYAHID DAN TAFSIR AL-QUR’AN SUCI BASA JAWI KARYA MUHAMMAD ADNAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI AKHLAK DALAM TAFSIR AL-HUDA KARYA BAKRI SYAHID DAN TAFSIR AL-QUR’AN SUCI BASA JAWI KARYA MUHAMMAD ADNAN)
17205010020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI AKHLAK DALAM TAFSIR AL-HUDA KARYA BAKRI SYAHID DAN TAFSIR AL-QUR’AN SUCI BASA JAWI KARYA MUHAMMAD ADNAN)
17205010020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Melihat carut-marutnya kondisi moral bangsa di era milenial ini, nilai-nilai akhlak menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pembinaan akhlak merupakan bagian yang sangat penting dikehidupan manusia dalam rangka untuk membentuk pribadi yang bermoralitas dalam bermasyarakat, maka dari itu sangatlah perlu langkah-langkah serta usaha penelusuran terhadap nilai-nilai dan konsep akhlak berbasis Al-Qur‟an, dikarenakan Al-Qur‟an merupakan sumber kebenaran hakiki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Tafsir Al-Huda karya Bakri Syahid dan tafsir Al-Qur‟an Suci Basa Jawi karya Muhammad Adnan khususnya dalam Surat Luqman serta relevansinya dengan pembinaan akhlak di Indonesia. Jenis penelitian ini bersifat kepustakaan (library research). Sumber primernya diambil dari tafsir Al-Huda karya Bakri Syahid dan tafsir Al-Qur‟an suci basa Jawi karya Muhammad Adnan, sedangkan untuk sumber sekundernya diambil dari berbagai kitab, buku, jurnal, dan karya ilmiah yang membahas masalah nilai-nilai akhlak serta relevan dengan masalah penelitian ini. Adapun metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode maudu‟i (tematik), yang dipinjam dari Prof. Dr. Abd Hayy Al-Farmawi, menggunakan metode deduktif yang alur pembahasannya berangkat dari realitas yang bersifat umum kepada pemaknaan yang bersifat khusus, kemudian metode kualitatif yang meneliti dengan cara memanfaatkan dan mengumpulkan informasi serta mendalami fenomena yang diteliti. Penelitian ini juga menggunakan metode komparatif, yang diperluka dalam upaya menemukan aspek persamaan dan perbedaan dari pemikiran kedua tokoh dan karyanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penafsiran Bakri Syahid dan Muhammad Adnan terhadap ayat tentang nilai-nilai akhlak dalam QS. Luqman sangatlah dipengaruhi oleh keilmuan dan latar belakan sosial mereka serta kultur budaya Jawa. Nilai-nilai akhlak dalam tafsir Al-Huda karya Bakri syahid dan tafsir Al-Qur‟an Suci Basa Jawi karya Muhammad Adnan perspektif QS. Luqman, secara prinsip tidaklah jauh berbeda dimana keduanya secara garis besar mentransmisikan nilai-nilai budi pekerti luhur Jawa, yang meliputi: (1) Nilai Tauhid, (2) Nilai Birul walidain (berbakti kepada kedua orang tua), (3) Nilai Syukur, (4) Nilai Sabar, (5) Nilai Kebijaksanaan (kawicaksanaan), (6) Nilai Kesederhanaan (prasaja), (7) Nilai Keikhlasan (narima ing pandum), dan (8) Nilai Kejujuran. Adapun relevansi nilai-nilai akhlak di atas dengan pembinaan akhlak di Indonesia adalah, melahirkan sikap dan tindakan sebagai berikut: (1) Religius, (2) Penyayang, (3) Lapang Dada, (4) Jujur dan (5) Peduli terhadap lingkungan alam maupun lingkungan social.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Afdawaiza, S. Ag, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai Akhlak, Bakri Syahid, Tafsir Al-Huda, Muhammad Adnan, Tafsir Al-Qur’an Suci Basa Jawi, QS. Luqman
Subjects: Akhlak - Etika
Islam dan Pemikiran
Tafsir Al-Qur'an > Tafsir Al Qur'an - Metode
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2) > Studi al Qur'an dan Hadits
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2022 12:25
Last Modified: 01 Mar 2022 12:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49779

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum