Rahmi Bekti Utami,, NIM. 9204030028 (2021) IMPLEMENTASI MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19)
19204030028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (IMPLEMENTASI MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19)
19204030028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penggunaan media loose parts sangat penting dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini pada masa pandemic covid 19. Media loose parts mulai banyak digunakan dalam pembelajaran anak usia dini. Hal ini disebabkan karena dapat lebih mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Tujuan dari penelitian mengkaji implementasi media loose parts dalam meningkatkan perkembanagn kognitif anak usia dini di masa pandemic covid 19. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, implementasi media loose parts dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di lembaga Pos PAUD Mekar Abadi Kebon Gunung yang dilaksanakan melalui : (1) perencanaan yaitu dengan pembuatan RPPM berbasis loose parts dan sosialisasi kepada orang tua tentang pembelajaran loose parts. (2) pelaksanaan dengan praktek pembelajaran melalui media loose parts. (3) evaluasi dengan melihat perkembangan kognitif anak usia dini melalui ide kreatif yang tertuang dalam hasil proyek. Kedua, media loose parts dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Perkembangan kognitif yang terlihat yaitu : (1) anak menjadi lebih kreatif karena terbiasa bereksplorasi dan bereksperimen. (2) anak dapat mengetahui konsep dengan mampu mengurutkan angka, bentuk dan ukuran. (3) anak dapat mengetahui bagaimana mengatasi masalah sehari-hari secara kreatif. (4) anak dapat lebih mengenal lingkungan sekitar karena dalam kegiatan menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan anak .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Dr. R. Rachmy Diana, M.A |
Uncontrolled Keywords: | implementasi, loose parts, kognitif anak usia dini |
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Drs. Bambang Heru Nurwoto |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 10:25 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 10:25 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49782 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |