PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI BERMAIN PERAN MAKRO DI MASA PANDEMI COVID-19

Navisah Meuthia, NIM . 19204030053 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI BERMAIN PERAN MAKRO DI MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI BERMAIN PERAN MAKRO DI MASA PANDEMI COVID-19)
19204030053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI BERMAIN PERAN MAKRO DI MASA PANDEMI COVID-19)
19204030053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perkembangan kemandirian anak usia dini yang terjadi di masa pandemic covid-19, yang mana kemandirian anak usia dini semakin menurun, contoh anak selalu membutuhkan bantuan saat belajar, jarang melakukan kegiatannya sendiri, seperti mandi, membereskan mainan setelah digunakan, dan sebagainya. Salah satu faktor menurunnya kemandirian anak di masa pandemi covid-19 yaitu kejenuhan anak selama di rumah. Salah satu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan kemandirian anak melalui kegiatan bermain peran makro di TK Alif Surabaya, apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan bermain peran makro dalam meningkatkan kemandirian anak di TK Alif Surabaya serta mengetahui perilaku mandiri anka setelah mengikuti kegiatan bermain petan makro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendelatan studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah orang tua dan anak berusia 4-5 tahun yang berjumlah 6 orang pada kelompok A2 di TK Alif Surabaya, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran orang tua dalam meningkatkan kemandirian anak sangatlah berpengaruh. Berdasarkan wawancara bahwa, orang tua melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kemandirian anak, yaitu mendidik dan membimbing sendiri, mendidik dan membimbing dengan kebebasan memilih, mendidik dan membimbing melalui pembiasaan. Kegiatan bermain peran makro memberikan dampak terhadap kemandirian anak, yaitu anak terbiasa menyiapkan media atau alat pembelajaran sendiri, terbiasa menyelesaikan kegiatan pembelajaran hingga akhir, terbiasa mentaati aturan bermain, terbiasa melakukan kegiatan seharihari sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. R. Rachmy Diana, S.Psi., M.A.,Psi,
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Kemandirian, Anak Usia Dini, Bermain Peran Makro, Covid-19
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Mar 2022 10:25
Last Modified: 01 Mar 2022 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49783

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum