PENGEMBANGAN MODUL PAUD BERBASIS KOMPETENSI SENI PADA TK SINAR HARAPAN LAMPUNG DI MASA PANDEMI COVID-19

Nurfaizah., NIM. 19204030057 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PAUD BERBASIS KOMPETENSI SENI PADA TK SINAR HARAPAN LAMPUNG DI MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PAUD BERBASIS KOMPETENSI SENI PADA TK SINAR HARAPAN LAMPUNG DI MASA PANDEMI COVID-19)
19204030057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PAUD BERBASIS KOMPETENSI SENI PADA TK SINAR HARAPAN LAMPUNG DI MASA PANDEMI COVID-19)
19204030057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan lembaga yang belum memiliki modul khusus pengembangan seni anak usia dini. Kondisi pandemi Covid-19 juga menambah kebiasaan belajar baru dengan berbagai keterbatasan yang tidak bisa secara keseluruhan dilaksanakan di sekolah. Dalam penggunaan internet juga belum merata dan tidak semua wali murid mengerti cara menggunakannya, kegiatan seni anak masih kurang variatif. Oleh karena itu, hadirnya modul ini untuk mempermudah proses belajar mengajar dan menjadi referensi dalam membantu tumbuh kembang anak yang optimal. Penelitian ini bertujuan 1) Menganalisis urgensi pengembangan modul PAUD berbasis kompetensi seni pada anak usia dini dilihat dari berbagai sisi. 2) Mendeskripsikan proses pengembangan modul PAUD berbasis kompetensi seni di TK Sinar Harapan Kabupaten Way Kanan Lampung. 3) Menjabarkan efektivitas pengembangan modul PAUD berbasis kompetensi seni di TK Sinar Harapan Kabupaten Way Kanan Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan tujuh tahapan model Borg and Gall. Penelitian ini mengembangkan produk berupa modul paud berbasis kompetensi seni sebagai stimulasi awal dalam menciptakan bahan ajar anak didik. Subjek penelitian melibatkan 29 anak didik dan 5 pendidik. Teknik pengumpul data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk pengembangan modul perlu diterapkan sebagai media pembelajaran yang menjadi stimulasi awal dalam membantu kompetensi seni AUD. Modul memperoleh nilai kevalidan oleh ahli media dengan perolehan skor 95,2 % dengan kategori sangat layak, dan penilaian dari ahli materi memperoleh skor 85,7 % dengan kategori sangat layak. Data di lapangan menunjukkan bahwa modul memberikan dampak positif bagi pendidik/orangtua dan anak didik. Dampak positif itu diantaranya ialah pendidik/orangtua mau mendampingi anak dan anak mendapatkan haknya untuk didampingi, terjadi komunikasi positif antara pendidik/orangtua terhadap anak, sadar potensi lingkungan, serta kreatif. Berdasarkan analisis data yang terkumpul, maka modul PAUD berbasis kompetensi seni efektif digunakan pada jenjang PAUD.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Na’imah, M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: Modul PAUD, Kompetensi Seni, Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Mar 2022 10:25
Last Modified: 01 Mar 2022 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49784

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum