PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA ANAK USIA DINI: STRATEGI PENGUATAN NILAI MORAL KEAGAMAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di TK Tahfidz Al-Qur'an At-Tauhid Pangkalpinang)

Yuniatari, NIM. 19204030059 (2022) PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA ANAK USIA DINI: STRATEGI PENGUATAN NILAI MORAL KEAGAMAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di TK Tahfidz Al-Qur'an At-Tauhid Pangkalpinang). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA ANAK USIA DINI: STRATEGI PENGUATAN NILAI MORAL KEAGAMAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di TK Tahfidz Al-Qur'an At-Tauhid Pangkalpinang))
19204030059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA ANAK USIA DINI: STRATEGI PENGUATAN NILAI MORAL KEAGAMAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di TK Tahfidz Al-Qur'an At-Tauhid Pangkalpinang))
19204030059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan tahfidz sangat penting untuk diajarkan kepada anak sejak usia dini. Pendidikan tahfidz bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt., cerdas, terampil, pandai baca tulis Al-Qur’an, berakhlak mulia, mengerti dan memahami, serta mengamalkan kandungan Al-Qur’an. Melalui pendidikan tahfidz yang diberikan lembaga PAUD, nilai moral keagamaan anak usia dini dapat dikembangkan. Pendidikan tahfidz yang diberikan pada anak akan memudahkan guru dalam menanamkan nilai-nilai islam yang terkandung dalam Al-Qur’an. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualititaf dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik non probability sampling, yaitu 1 Kepala TK, 3 guru tahfidz TK B, dan 3 guru kelas TK B. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data melalui tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, pendidikan tahfidz dapat mengembangkan potensi moralitas religius yang dimiliki anak. Materi pendidikan tahfidz yang diberikan yaitu hafalan juz 30, hadist pilihan, dan do’a harian, dan banyak sekali nilai-nilai baik yang terkandung. Anak usia dini merupakan pribadi yang mudah ingat dan cepat lupa sehingga guru harus selalu memberikan penguatan nilai moral keagamaan kepada anak untuk menjadikan anak terbiasa berperilaku baik dan benar sesuai ajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Kedua, pengembangan nilai moral keagamaan anak usia 5-6 tahun yang diajarkan guru, yaitu memberi pemahaman agama dan tentang ada-Nya Tuhan; menjaga kebersihan diri dan lingkungan; mengajarkan perilaku jujur; mengajarkan kegiatan beribadah; dan mengajarkan perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia. Nilai moral keagamaan yang mengajarkan aqidah, ibadah, dan akhlak sudah terkandung dalam Al-Qur’an dan Sunnah. Adapun strategi penguatan nilai agama dan moral yang diterapkan oleh guru, yaitu keteladanan, pembiasaan, nasehat yang bijak, perhatian, dan hukuman. Ketiga, implikasi positif yang telihat pada diri anak, yaitu: (1) anak konsisten melakukan kegiatan muraja’ah; (2) anak merasa percaya diri saat menyetor hafalan; (3) anak suka membaca do’a sebelum dan sesudah melakukan sesuatu; (4) anak mulai tepat waktu datang ke sekolah; (5) anak mulai mandiri; (6) anak sudah bisa melakukan ibadah sholat dan wudhu tanpa arahan; dan (7) anak mengerti adab-adab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: pendidikan tahfidz, anak usia dini, strategi penguatan, nilai agama dan moral
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Mar 2022 10:21
Last Modified: 01 Mar 2022 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum