STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN ANAK DI RA DARUSSALAM ARIYOJEDING, REJOTANGAN, TULUNGAGUNG

Fina Lutvica Umaroh, NIM. 19204032010 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN ANAK DI RA DARUSSALAM ARIYOJEDING, REJOTANGAN, TULUNGAGUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN ANAK DI RA DARUSSALAM ARIYOJEDING, REJOTANGAN, TULUNGAGUNG)
19204032010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN ANAK DI RA DARUSSALAM ARIYOJEDING, REJOTANGAN, TULUNGAGUNG)
19204032010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi menjadi hal yang penting bagi setiap manusia, terutama dalam dunia pendidikan. Komunikasi sangat dibutuhkan bagi setiap lembaga pendidikan, salah satunya di lembaga PAUD. Komunikasi yang baik antara guru PAUD dengan orang tua anak didik dapat menjadikan proses pembelajaran di kelas berjalan dengan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai strategi komunikasi untuk membangun kerjasama guru dan orang tua dalam mengembangkan kedisiplinan anak, mengetahui faktor penghambat dan pendukung strategi komunikasi dan mengetahui implikasi strategi komunikasi untuk membangun kerjasama guru dan orang tua dalam mengembangkan kedisiplinan anak di RA Darussalam Ariyojeding, Rejotangan, Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini melibatkan lima responden yakni seorang kepala sekolah, dua guru dan dua orang tua anak didik RA Darussalam Ariyojeding, Rejotangan, Tulungagung. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan empat tahapan analisis, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru menggunakan berbagai bentuk strategi komunikasi salah satu yang menarik adalah kegiatan perlombaan untuk anak dan orang tua anak didik. (2) Faktor penghambat strategi komunikasi adalah tidak adanya respon dari orang tua anak didik, orang tua anak didik yang sibuk bekerja, orang tua anak didik yang tidak memiliki handphone, orang tua anak didik tidak memiliki kuota internet dan orang tua kurang memahami pesan yang disampaikan dalam komunikasi. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kemampuan bahasa, kemampuan orang tua anak didik merespon, adanya keterlibatan aktif orang tua anak didik, sarana komunikasi handphone, kemampuan menggunakan handphone, lingkungan dan motivasi. (3) Implikasi dari strategi komunikasi diantaranya adalah anak didik datang tepat waktu sebelum pembelajaran dimulai, anak didik berbaris rapi sebelum memasuki kelas, anak didik berpakaian rapi saat di sekolah, anak didik menyimpan sepatu di rak sepatu, anak didik tertib mengikuti setiap kegiatan di sekolah, anak didik mematuhi aturan main di dalama kelas, anak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, anak membuang sampah pada tempatnya, anak mengambil dan mengembalikan barang ke tempatnya, anak berusaha patuh terhadap aturan yang disepak

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Guru dan Orang Tua, Kedisiplinan Anak
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Mar 2022 10:50
Last Modified: 01 Mar 2022 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49788

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum