IMPLEMENTASI PROGRAM PARENTING DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN MORAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS TAUD LUQMANUL HAKIM KOTA LANGSA, ACEH)

Mawaddah Ulya, NIM. 19204032018 (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM PARENTING DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN MORAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS TAUD LUQMANUL HAKIM KOTA LANGSA, ACEH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PARENTING DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN MORAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS TAUD LUQMANUL HAKIM KOTA LANGSA, ACEH) Oleh: MAWADDAH ULYA NIM: 19204032018 TESIS Diajukan Kepada Program Magister (S2) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Su)
19204032018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PARENTING DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN MORAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS TAUD LUQMANUL HAKIM KOTA LANGSA, ACEH) Oleh: MAWADDAH ULYA NIM: 19204032018 TESIS Diajukan Kepada Program Magister (S2) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Su)
19204032018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan yaitu: (1) mengkaji implementasi programparenting dalam menanamkan pendidikan moral anak usia dini di TAUD Luqmanul Hakim Kota Langsa (2) menganalisis dampak implementasi programparenting dalam menanamkan pendidikan moral anak usia dini di TAUD Luqmanul Hakim Kota Langsa(3) menganalisis Faktor yang mempengaruhi programparenting dalam menanamkan pendidikan moral anak usia dini di TAUD Luqmanul Hakim Kota Langsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datan yang digunakan yaitu melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis data berdasarkan hasil reduksi dan display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalahimplementasi program parenting dalam menanamkan pendidikan moral anak usia dini di TAUD Luqmanul Hakim Kota Langsaantara lain:(1) Implementasi program parenting dalam menanamkan pendidikan moral anak usia dini bertujuan agar terbangunnya silaturrahmi yang lebih erat antara orang tua dan guru, menjadikan orang tua dan guru lebih berilmu serta terjalinnya kerja sama antara orang tua dan guru guna menyelaraskan pemahaman dalam mendidik anak. Pelaksanaan program parentingdilaksanakan empat kali dalam satu tahun ajaran. Adapun pelaksanaan program parenting diantaranya: Parenting pertemuan pada awal tahun ajaran (pengenalan sekolah), seminar parenting akbar yang dilaksanakan dua kali dalam tahun ajaran, serta family gathering guna membangun kekompakan antara orang tua dan siswa beserta civitas lembaga. Disamping pelaksanaan Programparentingyang dilaksanakan sekolahterdapat pulapendidikan moral yang diajarkan disekolah yakni: sholat duha, zikir pagi, karimah, ziyadah, murojaah, berkisah, hafalan doa dan hadis serta penanaman adab. (2) Faktor pendukung program parenting dalam menanamkan pendidikan moral anak usia dini di TAUD Luqmanul Hakim Kota Langsa meliputi: perhatian orang tua, kompetensi guru, dan program sekolah yang mendukung terlaksananya program parenting. Sedangkan faktorpenghambatnya meliputi: kesibukan orang tua yang bekerja dan pengaruh teman sebaya. (3) Dampak program parenting yang diterapkan menjadikan orangtua antusias dalam pendidikan moral anak, sehingga membantu guru dalam mencapai target pendidikan moral, pendidikan adab yang diajarkan disekolah memiliki dampak besar dan dipraktikkan anak dalam kesehariannya, serta melalui program-program sekolah, orang tua merasa terbantu dalam mendidik anak.Akan tetapi masih terdapat orangtua yang kurang keikitsertaannya dalam mengikuti program parenting, serta masih terdapat anak yang belum menerapkan adab yang diajarkan dalam kesehariannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Rachmy Diana, M.A
Uncontrolled Keywords: Program Parenting, Pendidikan Moral, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Mar 2022 11:00
Last Modified: 01 Mar 2022 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49789

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum