PENGARUH PENERAPAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDIT ARAFAH KOTA PADANG

Habib Khalilur Rahman, NIM. 19204080053 (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDIT ARAFAH KOTA PADANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDIT ARAFAH KOTA PADANG)
19204080053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDIT ARAFAH KOTA PADANG)
19204080053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penerapan model resource based learning terhadap kemampuan membaca dan keterampilan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model resource based learning terhadap kemampuan membaca dan keterampilan berbicara siswa . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan pre-eksperimental dengan jenis One group pretestposttest. Variable penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan terikat. Variabel bebas yaitu model resource based learning untuk variabel terikatnya adalah kemampuan membaca dan keterampilan berbicara. Populasi penelitian ini adalah pada siswa kelas V di SD IT Arafah Kota Padang yang berjumlah 21 siswa. Sampel penelitian yang digunakan yaitu sampel jenuh, dimana semua populasi diambil dan dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil skor pretest variabel kemampuan membaca yakni sebesar 45 % dan posttest yakni sebesar 70%. (2) Hasil skor pretest variabel keterampilan berbicara yakni sebesar 48% dan posttest yakni sebesar 67%. (3) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara model resource based learning terhadap kemampuan membaca siswa dengan presentase sebesar 68%, dan (4) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara model resource based learning terhadap keterampilan berbicara siswa dengan presentase sebesar 35%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Istiningsih, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Resource Based Learning, Kemampuan Membaca, Keterampilan Berbicara
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Mar 2022 11:05
Last Modified: 01 Mar 2022 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49790

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum