MANAJEMEN PROGRAM PELIBATAN WALI MURID DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR DI KUTTAB AL FATIH YOGYAKARTA

Erhat Zakiyatul Aini, NIM. 19204090005 (2021) MANAJEMEN PROGRAM PELIBATAN WALI MURID DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR DI KUTTAB AL FATIH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PROGRAM PELIBATAN WALI MURID DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR DI KUTTAB AL FATIH YOGYAKARTA)
19204090005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PROGRAM PELIBATAN WALI MURID DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR DI KUTTAB AL FATIH YOGYAKARTA)
19204090005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang fenomena para orang tua menyerahkan pendidikan pada pihak sekolah karena kesibukan bekerja sehingga mengakibatkan pendidikan anak tidak optimal. Padahal peran orang tua yang mempunyai andil paling besar dalam pendidikan anak. Sekolah hanya sebagai lembaga yang membantu proses tersebut terutama pada jenjang Pendidikan dasar. Sehingga peran aktif orang tua sangat diperlukan dalam keberhasilan belajarnya. Bentuk keberhasilan tersebut salah satunya dilihat dengan peningkatan motivasi belajar. Maka, perlunya kerjasama antara orang tua dan sekolah perlu diadakan. Harapannya dengan adanya manajemen program dalam pelibatan wali murid yang tersusun dengan baik dan tersistematis di sekolah, orang tua semakin peduli dengan pendidikan anaknya serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga pendidikan anak lebih optimal. Fokus pada penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaan manajemen program pelibatan wali murid yang dilakukan oleh Kuttab Al-Fatih Yogyakarta. (2) untuk mendeskripsikan bagaimana optimalisasi dengan penjabaran bentuk kerjasama orang tua dalam program tersebut. (3) untuk mengetahui bagaimana dampak dari penerapan manajemen program pelibatan wali murid dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Kuttab Al-Fatih Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, mengambil lokasi penelitian di Kuttab Al-Fatih Yogyakarta. Menggunakan metode pengumpulan data (1) wawancara (2) x observasi (3) dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Hubermen yaitu; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data serta dengan perpanjangan waktu penelitian dibarengi dengan ketekunan pengamatan dan menggunakan referensi. Temuan atau hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Manajemen program pelibatan wali murid di Kuttab Al-Fatih dibagi menjadi empat bagian yaitu a). Program secara lembaga b) Program secara kurikulum c) Program secara mitra dengan POSKU d) Program secara apresiasi, 2) bentuk kerjasama pada program tersebut meliputi, pola asuh, komunikasi, relawan, pembelajaran di rumah, pengambil keputusan, dan kolaborasi dengan komunitas. 3) Adapun keberhasilan manajemen program pelibatan wali murid dalam peningkatan motivasi peserta didik, yaitu a) terbentuknya lingkungan belajar yang kondusif, b) menciptakan kegiatan dan cara oenyampaian belajar yang menarik, c) memberikan proses keteladanan orang tua dalam balajar d) menghadirkan penghargaan terhadap pencapaian anak, e) Terjadinya penanaman motivasi instrinsik kepada anak secara konsisten.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelibatan wali murid, Motivasi belajar.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Mar 2022 11:40
Last Modified: 01 Mar 2022 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49791

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum