MANAJEMEN DANA ZIS UNTUK PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat Kalimantan Timur)

Yayuk Purwati, NIM: 19204090023 (2022) MANAJEMEN DANA ZIS UNTUK PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat Kalimantan Timur). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN DANA ZIS UNTUK PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat Kalimantan Timur) TESIS)
19204090023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN DANA ZIS UNTUK PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat Kalimantan Timur) TESIS)
19204090023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berhubungan dengan manajemen dana ZIS untuk pembiayaan pendidikan di LAZ DPU Kaltim yang mengalami penurunan penghimpunan dana ZIS disebabkan pandemi yang berakibat turunya ekonomi masyarakat dan berdampak pada program pendidikan yang mengharuskan LAZ DPU untuk menekan pembiayaan pada beberapa program pendidikan. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan dan menganalisis penerapan manajemen dana ZIS untuk pembiayaan pendidikan serta dampak pandemi terhadap manajemen pembiayaan pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data, menguji keabsahan data yang diperoleh dari observasi dengan data yang diperoleh dari wawancara, dari wawancara dengan dokumentasi, dari obsevasi dengan dokumentasi, dan juga menguji data yang diperoleh dari satu jenis pengumpulan data seperti wawancara dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, manajemen pembiayaan pendidikan melalui dana ZIS untuk pemberdayaan pendidikan di LAZ DPU Kaltim meliputi fungsi, perencanaan atau penganggaran dana ZIS dilakukan dengan dua tahap yakni strategi penghimpunan donasi dan penganggaran dana ZIS dengan mengadakan rapat kinerja. Fungsi pelaksanaan atau pembelanjaan pembiayaan pendidikan meliputi dua kegiatan yakni penerimaan berupa sumber-sumber dana LAZ DPU terdiri dari lima sumber yakni Zakat, Infaq Terikat, Infaq Tidak Terikat, DSKN berupa Fidyah dan Qurban, serta CSR. Kegiatan pengeluaran yakni penyaluran dana ZIS untuk pemberdayaan pendidikan dengan membiayai program Beasiswa Juara, Cendikia, Yatim, Paket Pendidikan atau Ceria Anak Negeri, serta membiayai operasional sekolah PAUD dan Rumah Qur‟an, Ponpes x Tahfidz. Fungsi pengawasan melibatkan semua stakeholder yakni Yasayan DPU, Direktur, Manager-manager senior dan masyarakat. Fungsi penanggungjawaban dan evaluasi membuat laporan keuangan terkait pemakaian dana, penghimpunan dana, penyaluran dana ZIS. Kedua, dampak pandemi covid-19 terhadap manajemen pembiayaan hanya berdampak pada fungsi perencanaan dan juga fungsi pelaksanaan berupa dampak negatif yakni penurunan jumlah donasi, perubahan strategi penghimpunan dana, pemotongan biaya pada program pendidikan, sedangkan pada fungsi pengawasan, fungsi pertanggungjawaban dan evaluasi tidak terdampak dan dari dua fungsi tersebut memunculkan dampak positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nur Saidah, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Dana ZIS, Pandemi Covid-19
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Mar 2022 11:44
Last Modified: 01 Mar 2022 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49792

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum