STRATEGI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PROGRAM PEMANFAATAN SIARAN PENDIDIKAN DI BALAI PENGEMBANGAN MEDIA RADIO PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2019

Halwa Fauziah, NIM.: 15240058 (2022) STRATEGI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PROGRAM PEMANFAATAN SIARAN PENDIDIKAN DI BALAI PENGEMBANGAN MEDIA RADIO PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PROGRAM PEMANFAATAN SIARAN PENDIDIKAN DI BALAI PENGEMBANGAN MEDIA RADIO PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2019)
15240058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PROGRAM PEMANFAATAN SIARAN PENDIDIKAN DI BALAI PENGEMBANGAN MEDIA RADIO PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2019)
15240058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan atau biasa disebut BPMRPK, merupakan lembaga bentukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki produk, salah satunya adalah Radio Edukasi yang dibentuk dengan tujuan membentuk anak bangsa agar menjadi insan yang cerdas, santun, dan menghibur serta memiliki target sebanyak 300 pendengar setiap bulannya. Akan tetapi, hingga tahun 2018 jumlah pendengar tidak mencapai target yang ditetapkan oleh Lembaga. Berdasarkan data yang didapatkan oleh peneliti di BPMRPK, jumlah pendengar Radio Edukasi pada tahun 2018 hanya mencapai angka 212 pendengar saja. Kurangnya jumlah pendengar dari target yang telah ditetapkan oleh Lembaga, maka Kepala Balai beserta jajarannya bersepakat untuk mengadakan beberapa pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia pada tahun 2019 guna mencapai target lembaga khususnya dalam hal mendapat antusiasme pendengar yang lebih banyak lagi dan akhirnya mampu mencapai target pendengar yang telah ditentukan. Data yang didapatkan dari proses penelitian ini dianalisis dengan teori strategi yang digagas oleh Taufiqurokhman serta teori milik R. Wayne Mondy yakni pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, ada pula teori perubahan perilaku yang diusung oleh Soekidjo Notoatmodjo dan teori milik C. R. Rogers tentang proses atau tahapan dalam perubahan perilaku individu. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan berusaha menggambarkan hasil penelitian sesuai dengan keadaan di lapangan, teknik pengumpulan datanya, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi, Adapun subjek dari penelitian ini adalah Kepala BPMRPK, Program Director Radio Edukasi, dan Kepala Produksi Urusan Siar Radio Edukasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dalam program pemanfaatan siaran pendidikan di BPMRPK yang diselenggarakan pada tahun 2019, sebagian besar mampu mencapai target yang telah ditetapkan dan terdapat satu pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang belum dapat diidentifikasi pencapaian targetnya karena belum melalui proses evaluasi dikarenakan wabah Covid-19 yang melanda membuat proses evaluasi tertunda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Fatimah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pelatihan dan Pengembangan SDM; radio edukasi; BPMRPK; jabatan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Mar 2022 15:17
Last Modified: 01 Mar 2022 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49796

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum