ISLAM DAN MENOPAUSE (TELAAH KONSEP DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM BAGI PERSOALAN PSIKOLOGIS WANITA MENOPAUSE)

Sri Palupi, NIM.98222547 (2004) ISLAM DAN MENOPAUSE (TELAAH KONSEP DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM BAGI PERSOALAN PSIKOLOGIS WANITA MENOPAUSE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISLAM DAN MENOPAUSE (TELAAH KONSEP DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM BAGI PERSOALAN PSIKOLOGIS WANITA MENOPAUSE))
98222547_Bab I_Bab V_Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ISLAM DAN MENOPAUSE (TELAAH KONSEP DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM BAGI PERSOALAN PSIKOLOGIS WANITA MENOPAUSE))
98222547_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Menopause adalah suatu proses peralihan dari masa produktif menuju perubahan secara perlahan-lahan ke masa non produktif pada diri seorang wanita yang disebabkan oleh berkurangnya hormon estrogen dan progesteron seiring dengan bertambahnya usia. Masa ini ditandai dengan berhentinya haid secara permanen. Sehubungan dengan terjadinya menopause pada wanita maka biasanya hal itu diikuti dengan berbagai gejala atau perubahan yang meliputi aspek fisik maupun psikologis yang dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan si wanita tersebut. Gejala-gejala fisik contohnya adalah: muka merah, keringat malam hari, sulit tidur, berdebar-debar, nyeri kepala, nyeri saat bersenggama, kegairahan seks menurun, vagina kering, sering kencing, kulit kering dan tipis, rambut kering, rambut rontok, dsb. Sedangkan gejala-gejala psikologis contohnya seperti: gelisah, mudah marah, mudah lupa, sulit konsentrasi, depresi, rasa lelah, rasa takut, rasa tertekan, sedih, sering gugup dan susah tidur. Namun, sebagai fenomena alamiah, menopause tidak bisa dianggap semata-mata masalah medis biologik saja, namun juga psikologik dan sosial budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.Hasan Baihagi, AF
Uncontrolled Keywords: Islam, menopause, psikologis wanita
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Mar 2022 13:07
Last Modified: 04 Mar 2022 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49820

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum