STRATEGI DAKWAH DIGITAL DI ERA MILENIAL Studi Kasus Aktivitas Dakwah Habib Husein Ja‘far Al Hadar

Charismanto, NIM.: 19202012007 (2022) STRATEGI DAKWAH DIGITAL DI ERA MILENIAL Studi Kasus Aktivitas Dakwah Habib Husein Ja‘far Al Hadar. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI DAKWAH DIGITAL DI ERA MILENIAL Studi Kasus Aktivitas Dakwah Habib Husein Ja‘far Al Hadar)
19202012007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI DAKWAH DIGITAL DI ERA MILENIAL Studi Kasus Aktivitas Dakwah Habib Husein Ja‘far Al Hadar)
19202012007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan dakwah sebagai jalan syiar Islam, senantiasa terus berkembang dari masa ke masa. Perkembangan dakwah yang ada dari masa ke masa itu tidak lain dan tidak bukan bertujuan supaya Islam diterima dengan baik oleh berbagai kalangan sesuai dengan zamannya. Berbagai upaya sudah dilakukan supaya Islam dapat diterima oleh berbagai kalangan. Baik upaya dari pribadi setiap muslim sendiri maupun dengan cara membentuk organisasi keagamaan. Di satu sisi, globalisasi dan modernisasi pun berkembang seiring dengan adanya teknologi. Semuanya dituntut untuk mengikuti arus ini, termasuk dalam bidang dakwah. Dakwah, bagi kalangan milenial tak selalu dengan ceramah lisan saja. Media digital saat ini pun sangat mudah ditemukan. Media digital digunakan sebagai perantara tersampainya dakwah dari Da‘i (penyampai dakwah) kepada Mad‘u (penerima dakwah). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif-kualitatif dengan subjeknya adalah Habib Husein Ja‘far Al Hadar, seorang Habib, Da‘I, penulis serta pegiat media sosial. Di mana dalam aktivitas dakwahnya, ia memanfaatkan media sosial. Tulisan ini meneliti tentang strategi yang dilakukannya dalam berdakwah menggunakan media digital. Khususnya lagi dakwah terhadap anak muda atau kalangan milenial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Habib Husein Ja‘far Al Hadar sudah menerapkan strategi di dalam dakwahnya. Strategi yang dipakai tersebut sesuai dengan konsep strategi dakwah Prof. Arifin AndiPate, yaitu : Mempersiapkan Da‘i, Memantapkan Lembaga, Mengenal Khalayak, Menetapkan Metode serta Memilih Media. Selain itu juga dengan landasan prinsip di dalam Q.S An Nahl : 125 (bil Hikmah, Mauidhah al Hasanah dan Mujadalah al ahsan) serta Manhaj Persahabatan Rasulullah Saw. Dakwah Digital Habib Husein juga menimbulkan 3 (tiga) efek/atsar dakwah bagi para mad‘u yakni Menghibur, Akomodatif dan Behavioral.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. M. Kholili, M.Si
Uncontrolled Keywords: dakwah strategy; Habib Husein; digital media; millennial dakwah.
Subjects: DAKWAH ISLAM
Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Mar 2022 10:20
Last Modified: 07 Mar 2022 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49853

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum