KOMUNIKASI PERSUASIF PUSTAKA GERILYA DALAM TURUT SERTA MEMBANGUN PERUBAHAN PERILAKU MEMBACA MASYARAKAT PONOROGO MELALUI KEGIATAN LITERASI

Dani Saputra, NIM.: 19202012010 (2022) KOMUNIKASI PERSUASIF PUSTAKA GERILYA DALAM TURUT SERTA MEMBANGUN PERUBAHAN PERILAKU MEMBACA MASYARAKAT PONOROGO MELALUI KEGIATAN LITERASI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI PERSUASIF PUSTAKA GERILYA DALAM TURUT SERTA MEMBANGUN PERUBAHAN PERILAKU MEMBACA MASYARAKAT PONOROGO MELALUI KEGIATAN LITERASI)
19202012010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI PERSUASIF PUSTAKA GERILYA DALAM TURUT SERTA MEMBANGUN PERUBAHAN PERILAKU MEMBACA MASYARAKAT PONOROGO MELALUI KEGIATAN LITERASI)
19202012010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sebuah komunikasi bisa dikatakan efektif dengan dilihat dari salah satu tanda bahwa adanya pengaruh perubahan perilaku pada seseorang atau bahkan masyarakat. Proses komunikasi dalam rangka membangun perubahan perilaku ini kemudian disebut dengan komunikasi persuasif. Proses persuasif ini digunakan untuk mempengaruhi orang lain dalam berbagai bidang, termasuk di antaranya dalam perubahan perilaku membaca. Perubahan ini tentunya harus diimbangi dengan akses, artinya bagaimana pemerintah atau masyarakat memberi ruang kepada komunitas atau organisasi yang kemudian disebut dengan sudut baca, rumah baca, rumah pintar dan sebagainya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus (case study). Strategi studi kasus dipilih untuk melihat sejauh mana komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Pustaka Gerilya dalam upaya membangun perubahan perilaku. Selain itu, pemilihan pendekatan kualitatif menjadi pendekatan yang relevan untuk mengeksplorasi kegiatan literasi yang dilakukan oleh Pustaka Gerilya sebagai strategi untuk menyampaikan pesan persuasifnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam (indept-interview), observasi lapangan, dokumen-dokumen, materi audio dan visual. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis Jhon W. Creswell dengan beberapa proses, yakni pengumpulan data, interpretasi data, dan pelaporan data. Hasil penelitian ini melihat bahwa, sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang literasi, upaya membangun perubahan perilaku ini dapat dilihat dari organisasi Pustaka Gerilya dengan pendekatan persuasif yang dilakukan. Perubahan perilaku yang diharapkan oleh Pustaka Gerilya melalui kegiatan literasi berkonsep perpustakaan keliling tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri. Mengingat Pustaka Gerilya baru saja berdiri tahun 2019 yang lalu. Apalagi proses perubahan perilaku sendiri merupakan sebuah proses atau aktivitas organisme yang berkaitan dengan lainnya dan bersifat komplek. Hal penting dengan adanya perubahan perilaku ini berkaitan dengan respons atas apa yang terjadi di lingkungan seseorang. Adanya kegiatan literasi yang dilakukan oleh Pustaka Gerilya tersebut dapat dilihat sebagai upaya organisasi ini dalam upaya turut serta membangun perubahan perilaku membaca masyarakat Ponorogo.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Nurjannah, M.Si
Uncontrolled Keywords: komunikasi persuasif; literasi; perubahan perilaku; TBM
Subjects: Komunikasi Islam
Literasi Informasi
Komunikasi Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Mar 2022 10:47
Last Modified: 07 Mar 2022 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum