TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA WANITA HAMIL DI LUAR NIKAH (STUDI KASUS DI KUA CIMANGGU KABUPATEN CILACAP)

SYNTIA CANDRA UTAMI, NIM. 16350010 (2022) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA WANITA HAMIL DI LUAR NIKAH (STUDI KASUS DI KUA CIMANGGU KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA WANITA HAMIL DI LUAR NIKAH (STUDI KASUS DI KUA CIMANGGU KABUPATEN CILACAP))
16350010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA WANITA HAMIL DI LUAR NIKAH (STUDI KASUS DI KUA CIMANGGU KABUPATEN CILACAP))
16350010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, tujuan dari perkawinan bukan lagi untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, melainkan sebagai tujuan lain, yaitu untuk menutup aib yang telah diperbuat oleh laki-laki dan perempuan yang tidak ada ikatan apa-apa. Aib yang sering ditutupi dengan mengadakan perkawinan adalah perzinahan yang mengakibatkan kehamilan. Agar aib tidak menyebar maka si wanita yang tengah hamil akan segera dinikahkan dengan laki-laki yang menghamili atau dengan laki-laki yang tidak menghamilinya. Tentu fenomena hamil di luar nikah kini menjadi masalah yang sering dijumpai di perkotaan bahkan pedesaan, salah satunya di kecamatan Cimanggu kabupaten Cilacap. Dengan begitu, penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor terjadinya wanita hamil di luar nikah di KUA Cimanggu, yang kemudian dianalisis menggunakan sosiologi hukum Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi Hukum Islam, yang bersifat deskriptif-analitik yang bertujuan memaparkan, menggambarkan dan mengklarifikasi secara objektif data-data yang dikaji kemudian dilakukan analisis, yang didasarkan pada teori sosiologi Hukum Islam. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; pertama faktor-faktor terjadinya hamil di luar nikah di KUA Cimanggu, yaitu; pergaulan bebas, minimnya pendidikan keagamaan, Orang tua, yang meliputi; kurangnya perhatian, kurangnya pengawasan, kurangnya kasih sayang, dan pola asuh anak yang salah. Kedua, Adapun faktor pergaulan bebas yang menjadi penyebab terjadinya hamil di luar nikah di KUA Cimanggu bahwa para remaja yang hamil di luar nikah di KUA Cimanggu tidak bisa memahami batasan-batasan pertemanan yang diatur di dalam syariat Islam, terutama pertemanan dengan lawan jenis. Mereka menganggap bahwa pergaulan bebas dapat memberikan rasa lebih mudah mendapatkan kesenangan, hubungan pertemanan menjadi lebih akrab, memperoleh pengalaman baru, menghilangkan rasa ingin tahu, memenuhi/melampiaskan hasrat yang terpendam serta merasa lebih diterima dalam pertemanan. Kemudian, faktor minimnya pendidikan agama yaitu bahwa para remaja hanya belajar agama sampai SD saja. Bahkan, ada dari mereka yang tidak pernah sama sekali merasakan pendidikan agama. Selanjutnya, faktor orang tua yang menjadi penyebab terjadinya hamil di luar nikah di KUA Cimanggu bahwa orang tua tidak memberikan perhatian kepada mereka. orang tua yang broken home juga menjadikan mereka tidak mendapatkan kasih sayang yang utuh. Sehingga, hal itu mengakibatkan mereka mencari kebahagiaan di luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. MALIK IBRAHIM, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor Hamil di Luar Nikah, Sosiologi Hukum Islam, KUA Cimanggu
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Mar 2022 09:18
Last Modified: 08 Mar 2022 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum