EVALUASI PROGRAM KURIKULUM MUATAN LOKAL UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA

Laila Rizqia Umami, NIM. 14490002 (2019) EVALUASI PROGRAM KURIKULUM MUATAN LOKAL UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM KURIKULUM MUATAN LOKAL UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA)
11120090_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM KURIKULUM MUATAN LOKAL UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA)
11140025_BAB -II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan kemajuan teknologi yang menunjukan kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan, namun kemajuan ini tidak membawa kemajuan pada perkembangan karakter. Budaya lokal memiliki nilai yang dapat menguatkan karakter suatu bangsa, melalui nilai-nilainya. Hal tersebut menjadi pentingnya penanaman nilai budaya dalam program muatan lokal guna mengembangkan karakter siswa. Upaya pengembangan karakter untuk mendekati kemajuan perlu adanya evaluasi, untuk perbaikan. Seperti halnya SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 secara prestasi pengetahuan SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 sudah meraih juara 1 olimpiade bahasa jawa tingkat DIY maka perlu melakukan evaluasi untuk mengetahui pengembangan karakternya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru muatan lokal, dan siswa. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisa data dengan teknik deskriptif analitik dengan langkah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Program kurikulum muatan lokal terdiri dari mata pelajaran bahasa jawa untuk kelas 1 sampai 6 dan karawitan kelas 4,5, dan 6 dengan tujuan mengenalkan dan melestarikan nilai-nilai budaya lokal. kurikulum muatan lokal menyiapkan materi pembelajaran, dokumen yang terdiri dari kurikulum muatan lokal dan silabus. (2) Hasil program kurikulum muatan lokal menggunakan evaluasi model CIPP menunjukan program kurikulum muatan lokal untuk pengembangan karakter mencapai 80%, nilai yang dikembang yakni nilai sopan santun, tanggungjawab, peduli lingkungan, peduli sosial (3)Perlunya perbaikan dalam pelaksanaan program muatan lokal diantaranya meningkatkan minat siswa, dukungan orang tua, meningkatkan profesionalisme guru, dan meningkatkan sistem komunikasi antar guru dan orang tua guna pengembangan karakter siswa di sekolah dan di rumah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M. Jamroh, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Muatan Lokal, Pengembangan Karakter
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Mar 2022 13:02
Last Modified: 08 Mar 2022 13:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum