MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS BUDAYA RELIGIUS DALAM MENCAPAI PROFESIONALITAS GURU DALAM KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA SKRIPSI

Ainul Haq Rahmatullah, NIM. 14490062 (2019) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS BUDAYA RELIGIUS DALAM MENCAPAI PROFESIONALITAS GURU DALAM KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS BUDAYA RELIGIUS DALAM MENCAPAI PROFESIONALITAS GURU DALAM KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA SKRIPSI)
14490062_BAB I_ V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS BUDAYA RELIGIUS DALAM MENCAPAI PROFESIONALITAS GURU DALAM KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA SKRIPSI)
14490062_BAB II_ III_ IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal minimnya penerapan manajemen sumber daya manusia berbasis budaya religius di suatu lembaga atau instansi. Padahal seperti yang kita ketahui pentingnya peran manajemen sumber daya manusia berbasis budaya religius dalam mencapai profesionalitas guru dalam kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Oleh karena itu, peneliti mengambil objek penelitian di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta yang menurut peneliti sekolah ini menjadi contoh dan acuan bagi sekolah yang berbasis Islam Terpadu dalam menjalankan setiap kegiatan dan program yang telah di rancang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan atau validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi, dimana data yang telah diperoleh dari hasil analis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan sampai pada tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) manajemen sumber daya manusia berbasis budaya religius di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta melalui tahap perencanaan, recrutment, pengembangan guru/karyawan, penilaian kinerja guru/karyawan. Faktor pendukung proses pelaksanaan manajemen sumber daya manusia berbasis budaya religius adalah kesamaan ideologi (Islam), kekuatan visi dan misi sekolah, sarana dan prasarana, dana, program yang sesuai kebutuhan, pola komunikasi. Sedangkan faktor penghambat proses pelaksanaan manajemen sumber daya manusia berbasis budaya religius adalah kurangnya konsistensi, kurangnya transparansi hasil evaluasi kegiatan, psikologis guru yang labil. 2) Dampak dari penerapan manajemen sumber daya manusia berbasis budaya religius ini berdampak terhadap kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial, dampak tersebut diperoleh dengan cara menggunakan program-program yang berdasarkan nilai-nilai Islam seperti bina pribadi Islami (BPI), mabit, usbu’ ruhi, shalat berjama’ah, shalat dhuha, daurah Al-Qur’an.Program-program tersebut menjadi stimulus bagi guru/karyawan untuk mencapai keprofesionalitasnya dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mangun Budiyanto, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia, Budaya Religius, Profesionalitas Guru
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Mar 2022 13:13
Last Modified: 08 Mar 2022 13:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum