MANAJEMEN KURIKULUM EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) SEBAGAI WADAH PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA

Khumaidah, NIM: 15490005 (2019) MANAJEMEN KURIKULUM EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) SEBAGAI WADAH PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) SEBAGAI WADAH PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA)
11120090_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) SEBAGAI WADAH PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA)
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap tema manajemen kurikulum ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dan tema tersebut belum dibahas oleh peneliti sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kurikulum ekstrakurikuler PMR sebagai wadah pengembangan karakter peduli sosial siswa di MAN 4 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Manajemen Kurikulum Ekstrakurikuler PMR adalah: (a) tahap perencanaan meliputi pengembangan dan analisis silabus dan RPP, merumuskan tujuan belajar, membuat konten kurikulum, mendesign aktivitas belajar, sumber atau media pembelajaran. (b) tahap pengorganisasian dengan menyusun struktur organisasi, pengaturan pembelajaran meliputi ruang lingkup dan bahan pelatihan, kontinuitas kurikulum, keseimbangan proses pembelajaran dan alokasi waktu. (c) tahap implementasi meliputi penerapan media, metode dan kegiatan pembelajaran dan implementasi program kegiatan, (d) tahap evaluasi untuk mengukur sejauh mana penguasaan peserta didik terhadap materi dan keterampilan yang diajarkan, evaluasi dilaksanakan secara harian dan di akhir semester. (2) Pengembangan karakter peduli sosial termasuk dalam tahap pengorganisasian dan implementasi kurikulum melalui materi pertolongan pertama, donor darah, kebersihan dan kesehatan, tumbuh kembang remaja dan kesiapsiagaan bencana. (3) Hasil manajemen kurikulum ekstrakurikuler PMR terhadap pengembangan karakter peduli sosial memiliki efisiensi dan efektivitas yang tinggi. Pengembangan karakter peduli sosial termasuk dalam tahap pengorganisasian dan implementasi. Output dari kegiatan ekstrakurikuler PMR peserta didik mempunyai pemahaman terhadap materi, keterampilan melakukan pertolongan pertama dan pengembangan karakter. Untuk mencapai tujuan ekstrakurikuler PMR pihak madrasah melakukan kerjasama dengan KSR PMI UIN Sunan Kalijaga untuk memfasilitasi pelatih serta pihak madrasah mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh ekstrakurikuler PMR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Wij Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen kurikulum, Ekstrakurikuler PMR, Peduli Sosial
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Mar 2022 13:22
Last Modified: 08 Mar 2022 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49885

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum