IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BUDAYA ORGANISASI (STUDI KASUS PADA KEPEMIMPINAN BAPAK FADJAR BASOEKI DI “KOMUNITAS UNTUK JOGJA”)

Muhammad Jafar Shodiq, NIM. 15490062 (2019) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BUDAYA ORGANISASI (STUDI KASUS PADA KEPEMIMPINAN BAPAK FADJAR BASOEKI DI “KOMUNITAS UNTUK JOGJA”). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BUDAYA ORGANISASI (STUDI KASUS PADA KEPEMIMPINAN BAPAK FADJAR BASOEKI DI “KOMUNITAS UNTUK JOGJA”))
15490062_BAB-I-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BUDAYA ORGANISASI (STUDI KASUS PADA KEPEMIMPINAN BAPAK FADJAR BASOEKI DI “KOMUNITAS UNTUK JOGJA”))
15490062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari adanya seorang pendiri yang berkedudukan sebagai seorang pembina sekaligus orang yang mempunyai pengaruh terhadap maju tidaknya organisasi. Seorang pembina tersebut senantiasa memberikan motivasi, dan wejangan sekaligus pembelajaran kepada para anggota organisasi. Ironisnya, sumber daya anggota yang dimiliki kurang memiliki rasa komitmen dan loyal terhadap organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kepemimpinan transformasional yang meliputi perhatian penuh terhadap individu, motivasi, merangsang intelektual, dan pengaruh ideal sebagai upaya pengembangan budaya organisasi di Komunitas Untuk Jogja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan mengambil latar di Komunitas Untuk Jogja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik validasi dan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik serta dikombinasikan dengan teori. Selanjutnya, data dianalisis dengan cara mereduksi data dengan display data kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kepemimpinan transformasional di Komunitas Untuk Jogja cenderung baik, dikarenakan pemimpin KUJ belum mampu mengutarakan visi organisasi dengan jelas dan sederhana kepada anggota. (2) Budaya organisasi yang diterapkan di Komunitas Untuk Jogja cenderung lemah, hal tersebut adanya beberapa indikator yang tergolong belum kuat. (3) Faktor-faktor yang menghambat kuatnya budaya organisasi ada 3: (a) rendahnya pemberian reward pada anggota, (b) kegiatan dengan nilai shared meaning yang tergolong minim, dan (c) rendahnya sikap komitmen para anggota. Oleh karena itu, relasi yang ditimbulkan xviii terkait implementasi kepemimpinan transformasional yang diterapkan oleh pemimpin KUJ belum mampu membuat budaya organisasi di Komunitas Untuk Jogja menjadi kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Miftahus Sa‟adah, S.Pd.I., M.Ed.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Mar 2022 15:03
Last Modified: 08 Mar 2022 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49898

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum