MANAJEMEN BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DPAD (DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT

Achmad Zukhruf Alfaruqi, NIM : 15490064 (2019) MANAJEMEN BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DPAD (DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DPAD (DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT)
15490064_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DPAD (DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT)
15490064_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari ketertarikan penulis untuk mengkaji tentang manajemen perpustakaan dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat. Di samping itu, banyak penelitian terkait yang hanya mengungkap peran dan upaya perpustakaan dalam meningkatkan budaya literasi. Sehingga aspek manajemen perpustakaannya justru dilupakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengelolaan yang ada di perpustakaan, upaya perpustakaan dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat serta faktor pendukung dan penghambat dalam upaya perpustakaan meningkatkan budaya literasi masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Balai Layanan Perpustakaan DPAD (Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah) Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan tempat yang representatif untuk melakukan penelitian ini. Hal ini dikarenakan perpustakaan tersebut memiliki berbagai layanan yang bervariasi mulai dari Grhatama Pustaka, Jogja Library Centre, Rumah Belajar Modern, Perpustakaan Keliling, Paket Buku, Pojok Baca, Jogja Library For All hingga Delivery Order. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah pegawai dan pustakawan Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Sistem pengelolaan di Balai Layanan Perpustakaan diorientasikan untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat dengan analisis fungsi-fungsi manajemen; 2) Upaya perpustakaan dalam meningkatkan budaya literasi diantaranya: promosi di media sosial, pengembangan kreatifitas berbasis bahan pustaka, pengembangan kreatifitas anak, bedah buku, kunjungan umum dan layanan delivery order; 3) Faktor pendukung dalam upaya perpustakaan meningkatkan budaya literasi adalah fasilitas dan layanan yang lengkap, sumber daya manusia yang profesional serta antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah promosi di media sosial yang masih terpusat di Grhatama Pustaka, sehingga layanan lain kurang dipromosikan secara masif. Di samping itu, terbatasnya koleksi di layanan ekstensi juga menjadi kendala dalam upaya perpustakaan meningkatkan budaya literasi masyarakat yang ada di pelosok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Nur Hidayah S.Th.I M.Sc
Uncontrolled Keywords: Manajemen Perpustakaan, Budaya Literasi, Masyarakat Yogyakarta
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Mar 2022 12:14
Last Modified: 09 Mar 2022 12:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49906

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum