IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

Nilna Mina, NIM.: 14410155 (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
14410155_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
14410155_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tentang nilai-nilai pendidikan multikultural ini berasal dari fenomena multikulturalisme yang ada di Pondok Pesantren. Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta terdiri dari santri yang memiliki keberagaman baik dari asal daerah maupun latar belakang keluarga. Melalui pengimplementasian pendidikan multikultural melalui penaman nilai-nilai multikultural akan membiasakan santri untuk saling menghargai, saling menghormati dengan keanekaragaman yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan yaitu tentang pendidikan multikultural di pondok pesantren serta nilai-nilai pendidikan multikultural apa saja yang ditanamkan dalam pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini secara khusus akan membahas mengenai pendidikan multikultural yang ada di pondok pesantren dan nilai-nilai pendidikan multkultural apa saja yang ditanamkan. Hasil penelitian ini meliputi: 1. Implementasi pendidikan multikultural melalui penanaman nilai-nilai multikultural di pondok pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta yaitu dengan menanamkan nilai demokrasi dan kesetaraan seperti pada kegiatan yang ada di pondok. 2) Secara tertulis kurikulum pondok pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta belum mencantumkan secara jelas mengenai pendidikan multikultural, namun dapam pelaksanaannya semuanya mengarah kepada pendidikan yang berbasis multikultural. 3) Pondok pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta telah mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan multikultural yaitu nilai pendidikan multikultural demokrasi, kesetaraan, dan keadilan; nilai Pendidikan multikultural kemanusiaan, kebersamaan, dan kedamaian.; Nilai Pendidikan multikultural mengembangkan sikap mengakui, menerima, dan menghargai keberagaman budaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Agung Rokhimawan, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan,Nilai-Nilai Multikultural, Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Mar 2022 10:38
Last Modified: 10 Mar 2022 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49927

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum