IMPLEMENTASI PROGRAM KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI PROGRAM KEAGAMAAN (MANPK) MAN 1 YOGYAKARTA

Kuni Maftukhah, NIM.: 14410174 (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI PROGRAM KEAGAMAAN (MANPK) MAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI PROGRAM KEAGAMAAN (MANPK) MAN 1 YOGYAKARTA)
14410174_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI PROGRAM KEAGAMAAN (MANPK) MAN 1 YOGYAKARTA)
14410174_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa karakter generasi muda saat ini yang semakin memprihatinkan disebabkan kurang tertanamnya jiwa agama dalam diri mereka yang mana keberhasilan suatu bangsa dapat dilihat dari karakter yang dimilikinya. Melihat permasalahan tersebut maka perlu adanya beberapa terobosan yang salah satunya dapat dilakukan melalui penanaman karakter religius yang diterapkan di madrasah dalam pembelajarannya pada program keagamaan yang ada di madrasah itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang (1) perencanaan program keagamaan, (2) implementasi program keagamaan, (3) problematika yang dihadapi baik itu faktor pendukung maupun faktor penghambat pembentukan karakater religius. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data, dilakukan model triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaannya menggunakan model yang komperehensif. Perencanaannya adalah sebagai pedoman untuk menguraikan rencana lebih khusus kearah tujuan luas. 2) Implementasi program keagamaan sudah berjalan dengan baik dalam membentuk karakter religius. Pelaksanaannya mencakup Shalat Berjamaah, Tahfidzul Qur’an, Tahfidzul Hadits, Kajian Kitab Kuning (Qira’atul Kutub), Tadarus Al-Qur’an, Pembinaan Imam Shalat, Pembinaan Khatib Jum’at, Latihan Da’i, Praktek Mengajar TPA, Latihan Pengurusan Jenazah dan Latihan Manasik Haji. 3) Faktor pendukung implementasi program keagamaan berupa; orang tua siswa, sekolah dan sarana prasarana yang memadai, pembina dan keteladanan pembina. Sedangkan faktor penghambatnya berupa watak negatif siswa, minat yang rendah, metode pembelajaran dan SDM pembina.ta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Keagamaan, Pembentukan Karakter Religius
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Mar 2022 10:45
Last Modified: 10 Mar 2022 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49929

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum