ANALISIS PERAN KONDISI LINGKUNGAN TERHADAP KEBERHASILAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD BUDI MULIA SETURAN YOGYAKARTA

Angga Setya Kostradianto, NIM.: 14490011 (2022) ANALISIS PERAN KONDISI LINGKUNGAN TERHADAP KEBERHASILAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD BUDI MULIA SETURAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERAN KONDISI LINGKUNGAN TERHADAP KEBERHASILAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD BUDI MULIA SETURAN YOGYAKARTA)
14490011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERAN KONDISI LINGKUNGAN TERHADAP KEBERHASILAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD BUDI MULIA SETURAN YOGYAKARTA)
14490011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan hak bagi semua warga Negara Indonesia tidak terkecuali bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Pendidikan inklusi merupakan layanan pendidikan formal yang digunakan untuk memfasilitasi ABK seperti anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, dan anak berkesulitan belajar, sehingga ABK memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan dengan siswa reguler profesional. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pendidikan inklusi salah satunya yaitu lingkungan, sedangkan lingkungan bisa dilihat dari berbagai hal. Permasalahan yang muncul ketika penyelenggara inklusi belum siap dengan fasilitas sarana prasarana seperti ruang inklusi yang kurang memadai atau terlalu sempit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kondisi lingkungan dan bagaimana faktor lingkungan di sekolah tersebut bisa berpengaruh ke keberhasilan hasil belajar siswa dilihat dari lingkungan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Budi Mulia Seturan Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pertama Faktor kondisi lingkungan di SD Budi Mulia sangat mendukung dalam proses kegiatan belajar mengajar baik secara langsung maupun tidak langsung, hal ini dibuktikan dengan 3 faktor kondisi lingkungan yang mendukung diantaranya, Guru Pendamping Khusus (GPK), Teman Anak Berkebutuhan Khsusus (ABK), dan dukungan Orang Tua ABK. (2) Kedua Tingkat keberhasilan pendidikan inklusi di SD Budi Muia bisa dikatakan berhasil hal itu diperkuat dari hasil prestasi yang di dapat para siswa baik akademik maupun non akademik yang dicapai, siswa regular maupun siswa ABK, contoh prestasi yang didapat yaitu segi ekstrakurikuler salah satunya kemampuan dari salah satu siswa yang bernama Lovely menunjukkan bakat dan prestasinya lewat bermain drum diatas panggung. Prestasi tersebut didapat karena siswa nyaman dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nora Saiva Jannana, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusi,Faktor Lingkungan,Keberhasilan Program
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Mar 2022 10:50
Last Modified: 10 Mar 2022 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49931

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum