NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKIDAH DALAM SYAIR KESENIAN SHALAWAT MANTRA DI DUSUN BEDUKAN, PLERET, PLERET, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Wiwi Yuliyanah, NIM.: 15410034 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKIDAH DALAM SYAIR KESENIAN SHALAWAT MANTRA DI DUSUN BEDUKAN, PLERET, PLERET, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKIDAH DALAM SYAIR KESENIAN SHALAWAT MANTRA DI DUSUN BEDUKAN, PLERET, PLERET, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
15410034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKIDAH DALAM SYAIR KESENIAN SHALAWAT MANTRA DI DUSUN BEDUKAN, PLERET, PLERET, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
15410034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini berangkat dari keresahan akan realitas kesenian dan budaya yang semakin terkikis seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan kemajuan zaman yang terus dibayang-bayangi globalisasi dimana daya saing serta tantangan menjadi lebih tinggi dari sebelumnya, kesenian rakyat tradisional mulai ditinggalkan bahkan terlupakan oleh sebagian pelakunya, dengan berbagai alasan dan ketidakahuan. Dalam sejarah Islam Nusantara kesenian merupakan salah satu strategi dakwah yang cukup efektif dalam menyebarkan nilai-nilai Islam sehingga bisa disampaikan dan diterima dengan baik oleh masyarakat khusunya di D.I. Yogyakarta. D.I Yogyakarta terkenal akan kesenian dan budayanya yang sangat beragam. Dari sekian banyak kesenian yang ada di D.I. Yogyakarta kesenian Sholawat Mantra merupakan salah satu kesenian yang masih bisa dijumpai hingga saat ini. Salah satu kelompok yang ikut melestarikan Sholawat Mantra hingga bisa tetap eksis ialah kelompok kesenian Mudo Karyo di Dusun Bedukan, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, kabupaten Bantul, Provinsi D.I. Yogyakarta. Yang menjadi sorotan permasalahan dalam penelitian ini adalah : untuk mengetahui wujud kesenian Sholawat Mantra serta mampu menggali nilai-nilai pendidikan akidah yang terkandung dalam beberapa syair kesenian Shalawat Mantra. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, verivikasi, dan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data, yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, wujud kesenian Shalawat Mantra di dusun Bedukan, Pleret, Bantul merupakan salah satu kesenian tradisional yang bernuansa Islami. Naskah dalam Shalawat Mantra merupakan naskah yang berasal dari Kitab Al-Barzanji yang diterjemahkan dalam bahasa Jawa Kromo. Shalawat Mantra dilaksanakan dalam berbagai acara seperti merti desa, mengarak lemper di Rabu Pungkasan, Maulid Nabi, walimahan, dan lain sebagainya. pelaksanaan shalawat mantra di dusun Bedukan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pembukaan, inti yaitu pembacaan shalawat mantra, dan kegiatan penutup. Kedua, nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kesenian Shalawat Mantra di dusun Bedukan, Pleret, Bantul diantaranya meningkatkan takwa kepada Allah SWT, Meyakini Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul utusan Allah, Memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat, dan terhindar dari kemusyrikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Akidah,Shalawat Mantra
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akidah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Mar 2022 11:08
Last Modified: 10 Mar 2022 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum