NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEKS LOKAJAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN (STUDI PADA SUNTINGAN DAN TERJEMAHAN OLEH MARSONO)

Ma’ruf Wahyudin, NIM.: 17104010062 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEKS LOKAJAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN (STUDI PADA SUNTINGAN DAN TERJEMAHAN OLEH MARSONO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEKS LOKAJAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN (STUDI PADA SUNTINGAN DAN TERJEMAHAN OLEH MARSONO))
17104010062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEKS LOKAJAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN (STUDI PADA SUNTINGAN DAN TERJEMAHAN OLEH MARSONO))
17104010062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlandaskan akan pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Islam di era modern, yang harus sesuai dengan kondisi saat ini. Melihat Karakter merupakan Jiwa bangsa yang memperlihatkan kondisi dari bangsa tersebut, sehingga sangat penting kiranya pendidikan karakter mampu menjawab kondisi bangsa yang minim akan moral yang ditunjukkan oleh peserta didik saat ini yang mana kerap adanya bullying yang dilakukan oleh anak-anak didik atau bentuk perilaku yang tidak baik lainnya. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan Teks Lokajaya. Melihat dari judul tersebut tidak asing bagi orang orang yang mengenal walisongo, yang mana lokajaya sendiri dikenal kemudian dengan nama Sunan Kalijaga. Minimnya literasi terkait penelitian sejarah dari teks lokajaya ini menjadikan penulis tertarik mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter dalam teks lokajaya tersebut serta merelevansikannya dengan pendidikan Islam di era modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam teks lokajaya dan mengetahui relevansinya dengan pendidikan Islam di era modern ini. Sehingga bisa memberikan kontribusi dalam khasanah keilmuan nantinya. xii Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research), dengan mengambil objek Teks Lokajaya. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis isi (Content Analysis), kemudian dari hasil analisis ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Teks Lokajaya, yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab.2) Terdapat relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Teks Lokajaya dengan istilah Pendidikan Islam di era modern, yaitu: Al-Tarbiyah, Al-Ta’lim, Al-Ta’dib; Relevansi dengan pendidikan Islam di era modern ini, adalah pendidikan karakter yang inklusif, pendidikan karakter kebhinekaan, dan pendidikan karakter humanis. Tiga Konsep besar itu sangat relevan untuk diimplementasikan terhadap dunia pendidikan terkhususnya pendidikan Islam yang ada di Indonesia, baik lembaga formal, informal, dan nonformal. Agar terciptanya pendidikan Islam yang teguh dengan khas klasiknya dan selalu berinovasi terhadap perkembangan zamannya, juga menjaga akhlak karimah yang baik dan selalu cinta kepada kebhinekaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Teks Lokajaya, Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam di Era Modern
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Mar 2022 14:18
Last Modified: 10 Mar 2022 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49940

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum