PELESTARIAN LINGKUNGAN (STUDI DIMENSI ETIS MASYARAKAT DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN LINGKUNGAN DARI ANCAMAN TAMBANG DI DESA WADAS KECAMATAN BENER KABUPATEN PURWOREJO PROVINSI JAWA TENGAH)

Muhammad Ibrahim, NIM.: 14520031 (2022) PELESTARIAN LINGKUNGAN (STUDI DIMENSI ETIS MASYARAKAT DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN LINGKUNGAN DARI ANCAMAN TAMBANG DI DESA WADAS KECAMATAN BENER KABUPATEN PURWOREJO PROVINSI JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELESTARIAN LINGKUNGAN (STUDI DIMENSI ETIS MASYARAKAT DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN LINGKUNGAN DARI ANCAMAN TAMBANG DI DESA WADAS KECAMATAN BENER KABUPATEN PURWOREJO PROVINSI JAWA TENGAH))
14520031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELESTARIAN LINGKUNGAN (STUDI DIMENSI ETIS MASYARAKAT DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN LINGKUNGAN DARI ANCAMAN TAMBANG DI DESA WADAS KECAMATAN BENER KABUPATEN PURWOREJO PROVINSI JAWA TENGAH))
14520031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Agama merupakan sistem kepercayaan yang tidak hanya membangun hubungan antara manusia dengan Tuhannya, namun lebih dari itu, agama membentuk cara pandang hingga membentuk tindakan pemeluknya dalam kehidupanya, termasuk sikap dalam membangun hubungan di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini mencoba menyelami kehidupan beragama masyarakat Wadas yang tengah menghadapi konflik tambang batuan andesit di desanya. Di mana Desa Wadas akan menjadi salahsatu lokasi yang terdampak dari Proyek Strategis Nasional Pembangunan Bendungan Bener di Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah, yang mana bagi masyarakat Wadas ini menjadi ancaman kelestarian lingkungan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berbasiskan penelitian lapangan, yang mana titik tumpu dalam penelitian ini berdasarkan pada subyek penelitian yaitu masyarakat Wadas. Dalam penulisannya, disusun dengan cara mendapatkan data-data yang berkaitan dengan konflik yang terjadi dan bagaimana sikap masyarakat Wadas sendiri terhadap rencana pertambangan tersebut, kemudian disusun secara deskriptif dan naratif sebagai metodenya. Sementara pendekatan yang digunakan dalam melihat fenomena masyarakat beragama masyarakat Wadas yang berjuang untuk melestarikan lingkungan dari ancaman tambang, dengan mengunakan pendekatan dimensi-dimensi agama. Hasil dari penelian menunjukkan bahwa faktor yang mendasari mengapa masyarakat Wadas menolak hadirnya tambang atas dasar alasan kelestarian lingkungan, ekonomi yang bertumpu pada tanah sebagai sumber mata pencarian, keberlansungan kehidupan sosial masyarakat, dan keyakinan agama. Faktor-faktor tersebut yang melandasi perjuangan mereka dalam aktivitas penolakan yang telah berlansung selama bertahun-tahun. Keyakinan agama yang dianut oleh masyarakat Wadas menjadi suatu yang penting dalam penelitan ini. Bagi masyarakat Wadas alam merupakan pemberian Tuhan yang perlu untuk dijaga dan dilestarikan. Ketika kondisi lingkungan telah mengalami kerusakan maka praktek keagamaan yang selama ini dijalankan oleh masyarakat Wadas juga mengalami kerusakan. Karena itu bagi mereka melestarikan lingkungan adalah sebuah aturan agama yang menjadi suatu kewajiban untuk dilakukan. Keyakinan yang bersumber dari agama ini termanifestasi dalam tindakan-tindakan penolakan rencana pertambangan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Roma Ulinnuha, S.S.,M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Dimensi-dimensi Agama, Fenomena Keagamaan, Konflik Agraria, Pelestarian Alam.
Subjects: Lingkungan
Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Mar 2022 15:06
Last Modified: 10 Mar 2022 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49941

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum