MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DIKELAS IV MIS MUHAMMADIYAH DOLOK MALELA T.A. 2021/202

Mayumi Zachriannisa, NIM.: 17104080005 (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DIKELAS IV MIS MUHAMMADIYAH DOLOK MALELA T.A. 2021/202. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DIKELAS IV MIS MUHAMMADIYAH DOLOK MALELA T.A. 2021/202)
17104080005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DIKELAS IV MIS MUHAMMADIYAH DOLOK MALELA T.A. 2021/202)
17104080005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tematik terpadu adalah pembelajaran yang menggunakan tema sebagai pemersatu kegiatan pembelajaran dengan memadukan beberapa mata pelajaran sekaligus dalam satu kali tatap muka. Di MIS Muhammadiyah dalam proses pembelajaran belum melibatkan peserta didik, dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar dikelas sehingga berpengaruh pada partisipasi prestasi belajar peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk aktif, berani mengemukakan pendapat, dan mencoba. Salah satunya adalah model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ). Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah [1] bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MIS Muhammadiyah Dolok Malela dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar peserta didik yang diambil dari pemberian soal test pada masing-masing siklus, aktivitas guru dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung yang diambil dari lembar observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: Adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif pada materi tematik tema 1 yaitu meningkatnya prestasi peserta didik diatas KKM 70 mencapai 85% dari jumlah peserta didik kelas IV MIS Muhammadiyah Dolok Malela. Pada siklus I jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas adalah 48,57% secara individu adalah 16 orang peserta didik sedangkan 18 peserta didik lainnya masih memperoleh nilai dibawah KKM, akan tetapi dalam penelitian ini untuk mencapai ketuntasan klasikal apabila 85% dari jumlah peserta didik telah mencapai taraf ketuntasan yang dipersyaratkan yaitu memperoleh nilai ≥ 70 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditentukan. Pada siklus II ini nilai hasil post-test hanya 2 orang yang tidak mencapai KKM, dan secara individu terdapat 33 peserta didik yang tuntas 96% . Dari data diatas dapat dikatakan peserta didik sudah mengalami peningkatan dalam prestasi belajar dari sebelumnya. Maka pada siklus ini dikatakan hasil belajar siswa sudah mencapai batas ketuntasan. Berdasarkan uji t independent sample test diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 nilai tersebut kurang dari 0,05 yang artinya H0 ditolak. Dengan begitu, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode LSQ. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Learning Start With A Question berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MIS Muhammadiyah Dolok Malela pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andhika Yahya Putra, M. Or
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik SD/MI, LSQ, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Mar 2022 14:31
Last Modified: 10 Mar 2022 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49943

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum