MODEL PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ALAM INDONESIA MERUYUNG DEPOK

Indira Falasifa, NIM.: 19204010087 (2021) MODEL PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ALAM INDONESIA MERUYUNG DEPOK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ALAM INDONESIA MERUYUNG DEPOK)
19204010087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH ALAM INDONESIA MERUYUNG DEPOK)
19204010087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini dilatar belakangi oleh fenomena dimana proses pembelajaran yang selalu berpusat pada guru (teacher center) dan peserta didik hanya dijadikan sebagai obyek. Proses pembelajaran seperti ini tidak dapat mengembangkan kreativitas peserta didik secara optimal jika dilakukan terus-menerus. Peserta didik memerlukan kebebasan dalam mengungkapkan dan mengekspresikan ide juga imajinasi yang mereka miliki. Penelitian ini mendukung teori kreativitas Mel Rhodes (An Analysis of Creativity, 1961), seorang saintis pendidikan Amerika yang juga peneliti kreativitas dan pencetus konsep perintis kreativitas 4P yang menyatakan bahwa kreativitas bukan hanya tentang individu, tetapi juga tentang faktor pendorong, proses, dan sesuatu apa yang dihasilkan. Kreativitas dapat diekspresikan dengan cara menghasilkan suatu produk yang berasal dari ide, imajinasi dan pikiran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang disusun dalam bentuk deskriptif analisis, dengan mengambil data primer dan data sekunder. Data primer peneliti dapatkan dari data-data empiris tentang model pengembangan kreativitas peserta didik di Sekolah Alam Indonesia Meruyung, melalui pengamatan, wawancara, dokumen, naskah, arsip, dan sebagainya. Sedangkan data sekunder peneliti dapatkan dari jurnal, artikel, makalah seminar, dan sebagainya. Seluruh data yang didapatkan kemudian peneliti analisis dengan cara mengidentifikasi data, lalu data tersebut diklasifikasikan untuk kemudian disimpulkan. Kesimpulan besar yang peneliti dapatkan dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kreativitas peserta didik dapat dikembangkan secara optimal jika peserta didik ditempatkan sebagai subyek dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat leluasa menyampaikan gagasan yang dimiliki, dengan begitu akan berlangsung pembelajaran yang aktif, kreatif, dan efektif. Para pendidik di Sekolah Alam Indonesia Meruyung memberikan ruang kepada peserta didik untuk mengekspresikan gagasannya, sehingga dapat mengembangkan kreativitas peserta didik sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Sri Sumarni, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pengembangan, Sekolah Alam Indonesia
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Mar 2022 14:40
Last Modified: 10 Mar 2022 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49945

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum