AGEN DAN STRUKTUR PEREKAT MASYARAKAT PLURAL (ISLAM, HINDU, DAN KRISTEN) DI KECAMATAN MUNCAR, KABUPATEN BANYUWANGI

Rosi Salvajae, NIM.:15540086 (2022) AGEN DAN STRUKTUR PEREKAT MASYARAKAT PLURAL (ISLAM, HINDU, DAN KRISTEN) DI KECAMATAN MUNCAR, KABUPATEN BANYUWANGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AGEN DAN STRUKTUR PEREKAT MASYARAKAT PLURAL (ISLAM, HINDU, DAN KRISTEN) DI KECAMATAN MUNCAR, KABUPATEN BANYUWANGI)
15540086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AGEN DAN STRUKTUR PEREKAT MASYARAKAT PLURAL (ISLAM, HINDU, DAN KRISTEN) DI KECAMATAN MUNCAR, KABUPATEN BANYUWANGI)
15540086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Seperti dua mata pedang, agama memiliki ketajaman dalam dua sisinya. Ia berpotensi tajam untuk menyengsarakan dan sekaligus memiliki ketajaman untuk memberikan kedamaian. Di dalam hubungan masyarakat Muncar, agama Islam, Hindu dan Kristen, ini pernah terjadi konflik, namun agen-agen sosial cepat bisa menyelesaikan persoalan tersebut. Di samping fakta di mana kelompok masyarakat berbeda keyakinan berseteru dalam konflik terbuka, ada fenomena di mana keberbedaan justru dapat hidup dengan baik. Fenomena inilah yang kemudian memunculkan ketertarikan akademik untuk ditelusuri. Dengan demikian, penulis merumuskan dua rumusan masalah yakni bagaimana agen dan struktur membentuk dinamika hubungan antar-Agama di Kecamatan Muncar dan bagaimana bentuk dimensi kesadaran agen dalam reproduksi praktik sosial di Kecamatan Muncar. Berdasarkan rumusan masalah penelitian di atas, penulis menjawab dengan menggunakan penelitian lapangan dengan sumber data primer wawancara dan observasi terhadap masyarakat Islam, Hindu dan Kristen di Kecamatan Muncar. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan sosiologis dengan teori strukturasi Anthony Giddens, teori strukturasi terpusat pada cara agen memproduksi dan mereproduksi struktur sosial melalui tindakan mereka sendiri. Hasil penelitian ini menemukan sebagai berikut: pertama, pada tataran praktik proses komunikasi yang terjadi atas dasar bingkai intrepretatif dari signifikasi, kekuasaan terbangun dengan fasilitas sumber-sumber kekuasaan serta sanksi diterapkan melalui sarana norma sebagai akibat dari legitimasi yang dimiliki oleh salah satu pihak. kedua, hubungan Islam, Hindu dan Kristen di Muncar menyebabkan terjadinya ketegangan dan kerjasama membangun perdamaian. Perdamaian terbentuk karena dimensi kesadaran agen dan masyarakat untuk hidup berdampingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Adib Sofia, S.S,. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Agen, Struktur, Masyarakat Plural
Subjects: Sosiologi Agama
Toleransi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Mar 2022 15:11
Last Modified: 10 Mar 2022 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49949

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum