STUDI PERILAKU MAKAN ORANGUTAN KALIMANTAN (Pongo pygmaeus, Tiedemann, 1808) DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA PADA SAAT PANDEMI

Ajiziah Qothrunnada, NIM.: 1664053 (2021) STUDI PERILAKU MAKAN ORANGUTAN KALIMANTAN (Pongo pygmaeus, Tiedemann, 1808) DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA PADA SAAT PANDEMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI PERILAKU MAKAN ORANGUTAN KALIMANTAN (Pongo pygmaeus, Tiedemann, 1808) DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA PADA SAAT PANDEMI)
16640053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI PERILAKU MAKAN ORANGUTAN KALIMANTAN (Pongo pygmaeus, Tiedemann, 1808) DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA PADA SAAT PANDEMI)
16640053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pongo pygmaeus merupakan kera terbesar yang terdapat di Pulau Kalimantan dan termasuk satwa yang terancam punah. Perilaku makan Pongo pygmaeus merupakan persentase tertinggi pada aktivitas harian orangutan. Pandemi Covid-19 yang terjadi berdampak bagi berbagai hal salah satunya berimbas pada satwa yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa perilaku makan orangutan Kalimantan ( Pongo pygmaeus) pada saat pandemi dan menganalisa perbedaan perilaku makan dan frekuensi makan antara orangutan Kalimantan ( Pongo pygmaeus) di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta berdasarkan tingkatan umur. Penelitian perilaku makan Pongo pygmaeus dilakukan pada saat pandemi COVID-19 dengan metode focal animal sampling. Hasil penelitian menujukan Frekuensi perilaku makan tertinggi pada orangutan betina dewasa sebanyak 75 kali, persentase jenis pakan tertinggi yaitu buah 60 % dan waktu makan tinggi pada pagi dan sore hari. Frekuensi perilaku makan Orangutan jantan elder yaitu 61 kali, jenis pakan tertinggi yaitu umbi 11 % dan lain-lain 5 % dan posisi makan berdiri tertinggi yaitu 22 % serta waktu makan meningkat pada jam 09.00 dan 15.00. Frekuensi perilaku makan pada orangutan jantan infant paling rendah yaitu 55 kali, jenis pakan tertinggi sayur 41 %, posisi makan tertinggi bergelantung 7 % dan pada tiap jam terdapat aktivitas makan. Durasi makan tertinggi pada semua individu yaitu pada jenis pakan buah. Perilaku makan orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) pada masa pandemi mengalami penurunan persentase pada jenis pakan buah. 2. Orangutan betina dewasa memiliki frekuensi makan yang paling tinggi dan frekuensi makan paling rendah pada orangutan jantan infant. Orangutan jantan elder lebih banyak berinteraksi dengan pengunjung dan mencari makan disekitar kandang. Orangutan betina dewasa memiliki waktu makan yang teratur mengikuti jadwal pemberian pakan dan tidak terdapat aktivitas makan pada siang hari. Orangutan jantan infant posisi makan secara bergelantung lebih tinggi dan tidak terdapat jenis pakan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Najda Rifqiyati, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Frugivora, Gembira Loka, Pandemi Covid 19, Perilaku Makan Pongo Pygmaeus
Subjects: Biologi
Covid-19
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Mar 2022 10:51
Last Modified: 11 Mar 2022 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49970

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum