PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN BATIK TULIS GIRILOYO WUKIRSARI BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Bustanul Aulia, NIM. 16.203.100.79 (2018) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN BATIK TULIS GIRILOYO WUKIRSARI BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN BATIK TULIS GIRILOYO WUKIRSARI BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1620310079_BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN BATIK TULIS GIRILOYO WUKIRSARI BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1620310079_BAB-II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pemberdayaan merupakan sebuah upaya memberikan penguatan kemampuan serta kemudahan agar masyarakat memiliki kesempatan untuk berkembang sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan mereka. Ditetapkan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai kota Batik Dunia menjadikan daerah Bantul sebagai daerah primadona karena sebagian besar Batik DIY berasal dari Bantul. Namun minimnya perhatian pemerintah dan kurangnya partisipasi dari semua pihak membuat kegiatan membatik belum mampu berdaya secara maksimal terhadap peningkatan ekonomi masyarakat khususnya daerah pedesaan. Berangkat dari pemaparan diatas, penulis ingin menggali lebih dalam tentang pemberdayaan ekonomi melalui kerajinan batik, strategi dan faktorfaktor yang mempengaruhi pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi ekonomi. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan purposive sampling. Adapun hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: Pemberdayaan batik di Giriloyo telah melahirkan kelompok-kelompok batik yang tergabung dalam sebuah paguyuban batik Giriloyo. Pemberdayaan ekonomi masyarakat Giriloyo di sokong oleh beberapa Lembaga pemerintah dan swasta seperti BUMN, Disperindag, Dinas Koperasi Bantul dan beberapa LSM. Melalui kegiatan membatik itu juga mampu melahirkan pasar bebas bagi masyarakat sekitar sehingga dapat membantu perekonomian warga melalui kegiatan berdagang dan aktivitas wisata desa. Pemasaran batik di Giriloyo umumnya menggunakan 2 sistem yaitu sistem online dengan menggunakan sosial media dan website. Sedangkan sistem offline yaitu pemasaran melalui galeri-galeri rumah dan showroom batik. Hal ini dilakukan untuk mencegah maraknya para tengkulak yang sering mempermainkan harga sehingga merugikan para pengrajin sekitar. Dengan kegiatan pemberdayaan batik ini, masyarakat sekitar sedikit terbantu untuk menumbuhkan perekonomiannya sendiri dan tidak bergantung pada pemerintah. Namun demikian, masih ditemukan faktor-faktor yang menghambat pemberdayaan ekonomi seperti kurangnya partisipasi pemuda, kesulitan bantuan modal, kurangnya inovasi dan lainnya. Sedangkan peran pemerintah, swasta dan keaktifan warga sekitar menjadi salah satu faktor pendukung dalam pemberdayaan batik di Giriloyo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Haris, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Ekonomi Masyarakat, Kerajinan Batik
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Mar 2022 11:07
Last Modified: 14 Mar 2022 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum