MODERASI BERAGAMA BERBASIS KELUARGA (Studi Implementasi Moderasi Beragama pada Pusaka Sakinah di KUA Umbulharjo

Khairul Amri, NIM. 17205010079 (2022) MODERASI BERAGAMA BERBASIS KELUARGA (Studi Implementasi Moderasi Beragama pada Pusaka Sakinah di KUA Umbulharjo. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODERASI BERAGAMA BERBASIS KELUARGA (Studi Implementasi Moderasi Beragama pada Pusaka Sakinah di KUA Umbulharjo))
17205010079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODERASI BERAGAMA BERBASIS KELUARGA (Studi Implementasi Moderasi Beragama pada Pusaka Sakinah di KUA Umbulharjo)
17205010079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pusat Layanan Keluarga. Sakinah (Pusaka Sakinah) merupakan program unggulan dari Kementerian Agama untuk memperkuat ketahanan keluarga sebagai unit terkecil di tengah masyarakat. Selain untuk memperkuat ketahanan keluarga, Pusaka Sakinah juga berkaitan dengan gerakan moderasi beragama berbasis keluarga. Penanaman nilai-nilai agama yang moderat dalam keluarga sangat penting karena lingkungan keluarga merupakan tempat pendidikan pertama yang sangat strategis dalam upaya penanaman dan penyemaian praktik moderasi beragama. Program Pusaka Sakinah berada di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, salah satunya di KUA Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Penelitian ini mengkaji dua pokok masalah yaitu mengapa Pusaka Sakinah diunggulkan sebagai program pendidikan moderasi beragama berbasis keluarga dan bagaimana implementasi moderasi beragama pada PusakakSakinah yanghada dipKUA Umbulharjo Yogyakarta, sebagai program yang tidak hanya bertujuan untuk memperkuat ketahanan keluarga, tapi juga bertujuan untuk penyemaian pemahaman moderasi beragama dalam keluarga. Jenis penelitiankini adalah penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan penting dari penelitianlini adalah belum maksimalnya realisasi penguatan moderasi beragama dalam program Pusaka Sakinah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pusaka Sakinah merupakan program unggulan bukan hanya untuk ketahanan keluarga, namun juga untuk menjadikan keluarga sebagai basis implementasi moderasi beragama. Sebab Pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan yang sangat strategis dalam memberikan moderasi beragama. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa implementasi moderasi beragama dalam Pusaka Sakinah belum maksimal. Ini terlihat dari sedikitnya muatan moderasi beragama yang disampaikan dalam proses pelaksanaan Pusaka Sakinah. Dari hasil temuan penelitian di atas, rekomendasi ke depannya adalah supaya materi penguatan moderasi beragama harus menjadi bagian dari program penguatan keluarga terutama program Pusaka Sakinah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Muttaqin, S.Ag., M.Ag., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Moderasi beragama, keluarga, pusaka sakinah
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Agama dan Filsafat (S2) > Studi Agama dan Resolusi Konflik
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Mar 2022 11:08
Last Modified: 24 May 2022 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49997

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum