UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BERMAIN BALOK PADA ANAK KELOMPOK B1 DI RA BUNAYYA MALANGAN UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Hana Nurma Sari., NIM. 15430039. (2019) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BERMAIN BALOK PADA ANAK KELOMPOK B1 DI RA BUNAYYA MALANGAN UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BERMAIN BALOK PADA ANAK KELOMPOK B1 DI RA BUNAYYA MALANGAN UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15430039 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BERMAIN BALOK PADA ANAK KELOMPOK B1 DI RA BUNAYYA MALANGAN UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15430039 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

mengembangkan kreativitas bermain balok pada anak kelompok B1 di RA Bunayya Malangan Yogyakarta, serta yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kreativitas bermain balok pada anak kelompok B1 di RA Bunayya Malangan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan tentang keadaan di tempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata dan kalimat, dan penelitian ini mengambil subjek penelitian kelompok B1 di RA Bunayya Malangan Yogyakarta yang berjumlah 11 anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengadakan observasi pada, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Upaya guru yang dilakukan dalam mengembangkan kreativitas bermain balok sudah baik. Pihak sekolah dan pendidik sudah memberikan fasilitas guna mengembangkan kreativitas bermain balok. Upaya guru yang dilakukan dalam mengembangkan kreativitas bermain balok, dengan melakukan strategi antara lain: (a) Guru Menyediakan Alat dan Bahan Pembelajaran, (b) Guru Menstimulus Pengetahuan Anak, (c) Guru Mendampingi dan Membimbing Anak, dan (d) Guru Memberikan Motivasi Pada Anak. 2) Faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengembangkan kreativitas bermain balok, faktor pendukungnya yaitu: (a) Fasilitas pembelajaran yang sudah tersedia, (b) Strategi guru dalam membagi kelompok saat bermain balok, dan (c) Pendampingan dan Bimbingan guru kepada anak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: (a) Kurangnya dan terbatasnya assesoris yang sesuai dengan tema, (b) Balok yang terbatas, dan (c) Pengaruh emosi anak yang terkadang berubah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ichsan, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Perkembangan Kreativitas, Bermain Balok
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2022 12:48
Last Modified: 15 Mar 2022 12:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50021

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum