IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN HAFALAN JUZ ‘AMMA DI KELOMPOK PLUS TK ABA JANTURAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Maimunah Zahar, NIM. 15430053 (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN HAFALAN JUZ ‘AMMA DI KELOMPOK PLUS TK ABA JANTURAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN HAFALAN JUZ ‘AMMA DI KELOMPOK PLUS TK ABA JANTURAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15430053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN HAFALAN JUZ ‘AMMA DI KELOMPOK PLUS TK ABA JANTURAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15430053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Pembiasaan merupakan proses pembelajaran yang dilakukan oleh orangtua maupun pendidik kepada anak. Hal tersebut dilakukan agar anak selalu membiasakan diri pada kegiatan keagamaan yang akan memumbuhkan kebaikan pada dirinya sendiri. Salah satu kegiatan yang dapat ditanamkan adalah menghafal juz ‘amma. Dengan membiasakan anak untuk menghafal surat-surat di dalam juz ‘amma dapat menjadi bekalnya untuk masa yang akan datang. TK ABA Janturan merupakan sekolah berbasis Islam dan mengembangkan aspek keagamaan hafalan juz ‘amma. Kelompok plus merupakan kelas yang memiliki program pengembangkan hafalan juz ‘amma anak lebih banyak dari kelas regular. Kegiatan hafalan di kelas plus menggunakan metode pembiasaan. Dengan diterapkannnya metode pembiasaan diharapkan dapat mengembangkan tingkat kemampuan hafalan juz ‘amma anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode pembiasaan hafalan juz ’amma di kelompok plus TK ABA Janturan Yogyakarta, 2) Bagaimana perkembangan hafalan juz ‘amma pada anak dengan metode pembiasaan di kelompok plus TK ABA Janturan Yogyakarta, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat metode pembiasaan hafalan juz ‘amma di kelompok plus TK ABA Janturan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif untuk mencari tahu jawaban atas permasalahan yang terjadi pada kegiatan dengan mengumpulkan berbagai data dari lapangan. Adapun analisis data dengan menggunakan teknik yang ditemukan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi metode pembiasaan hafalan juz ‘amma di kelompok plus menggunakan beberapa alat metode pembiasaan a) alat pembiasaan langsung, b) alat pembiasaan tidak langsung. Sedangkan tahap pembelajarannya meliputi pembukaan, kegiatan inti, dan penutup. 2) perkembangan hafalan juz ‘amma pada anak dengan metode pembiasaan keberhasilannya didasari dengan komponen a) guru, b) peserta didik, dan c) sarana prasarana. Didukung dengan pengembangan kinerja memori berdasarkan tahapan encoding, storage, dan retrival. 3) Faktor pendukung implementasi metode pembiasaan pada perkembangan hafalan juz ‘amma anak antara lain a) muroja’ah surat yang diulang-ulang membuat anak tidak terbebani, b) mempercepat hafalan, c) kemampuan guru dalam mengajar, d) teknik pembelajaran yang beragam e) adanya dukungan orangtua. Faktor penghambat meliputi a) anak bosan dengan kegiatan yang monoton, b) fokus anak terganggu, c) pada jam dan waktu tertentu susah untuk dikondisikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan, Hafalan, Juz‘Amma.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2022 12:48
Last Modified: 15 Mar 2022 12:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50022

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum