PENGEMBANGAN MEDIA BERMAIN BUSY BOOK DALAM PEMBELAJARAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CERIA DEMANGAN, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Qonitah Faizatul Fitriyah, NIM . 15430061 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BERMAIN BUSY BOOK DALAM PEMBELAJARAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CERIA DEMANGAN, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA BERMAIN BUSY BOOK DALAM PEMBELAJARAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CERIA DEMANGAN, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
15430061_QONITAH FAIZATUL FITRIYAH_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA BERMAIN BUSY BOOK DALAM PEMBELAJARAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CERIA DEMANGAN, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
15430061_QONITAH FAIZATUL FITRIYAH_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan (R&D) ini dilakukan untuk (1) mengetahui pengembangan produk media bermain busy book dalam pembelajaran motorik halus anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan model Borg and Gall dan (2) mengetahui kelayakan produk media bermain busy book dalam pembelajaran motorik halus anak usia 4-5 tahun berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dua pendidik PAUD sebagai user, dan diresponkan kepada 8 peserta didik. Dengan latar belakang (1) operasionalisasi pendidikan bagi anak-anak usia dini akan lebih bermakna jika dilakukan melalui metode pendidikan yang menyenangkan dengan menggunakan berbagai media (2) Masih jarang penggunaan media bermain busy book dalam pembelajaran motorik halus anak usia 4-5 tahun (3) Masih kurangnya pengembangan media bermain busy book. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model Borg and Gall dengan 10 tahap, tetapi peneliti hanya terbatas menggunakan 5 tahap pengembangan, antara lain (1) penelitian dan pengembangan data. Peneliti melakukan survey di sejumlah toko buku seperti Gramedia, Social Agency, dan Montessori Book Shop , toko mainan seperti Yungki Edutoys, dan book online shop, selain itu melakukan observasi dan wawancara di sejumlah lembaga pendidikan yaitu TK Ceria Demangan dan RA Jogja Citra (2) Perencanaan. Peneliti melakukan perencanaan komponen yang akan dikembangkan dalam produk (3) Pengembangan produk awal. Peneliti menyusun produk, mengkonsultasikan produk dengan dosen pembimbing selanjutnya produk divalidasikan kepada dosen ahli materi, ahli media untuk memberi revisi, masukan dan saran (4) Uji coba lapangan awal. Produk pengembangan divalidasi oleh dua pendidik PAUD sebagai user dan di uji cobakan kepada 8 peserta didik ant class di TK Ceria Demangan (5) Revisi hasil uji peneliti melakukan revisi hasil validasi. Hasil penelitian dan pengembangan media bermain busy book berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas media bermain Sangat Baik (SB) dengan skor 42 dari skor maksimal 50 dengan presentase keidealan 84%. Berdasarkan penilaian ahli media menunjukkan bahwa kualitas media bermain Sangat Baik (SB) dengan skor 69 dari skor maksimal 75 dengan presentase keidealan 92%. Berdasarkan penilaian user menunjukkan bahwa kualitas media bermain Sangat Baik (SB) dengan skor 112,5 dari skor maksimal ideal 125 dengan presentase keidealan 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media bermain busy book, pembelajaran motorik halus anak usia 4-5 tahun
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2022 12:48
Last Modified: 15 Mar 2022 12:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50023

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum