IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA (Studi Kasus Terhadap Praktek Bercerita Kak Bimo)

Aprilia Khoirun Nisa, NIM. 15430062 (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA (Studi Kasus Terhadap Praktek Bercerita Kak Bimo). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA (Studi Kasus Terhadap Praktek Bercerita Kak Bimo))
15430062_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA (Studi Kasus Terhadap Praktek Bercerita Kak Bimo))
15430062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan seiring perkembangan pengetahuan dan teknologi pendidikan baik dari segi konsep maupun realitas mengenai nilai-nilai spiritual keagamaan menghadapi babak baru dan tantangan yang sangat mengkhawatirkan. Pengaruh terhadap perkembangan zaman dikhawatirkan dapat merusak tatanan nilai-nilai spiritual keagamaan untuk mempengaruhi dan mengontrol pola pikir manusia. Mengenai hal tersebut sangat perlu penanaman nilai-nilai pendidikan Islam guna menjadikan dasar manusia agar tidak terjerumus ke dalam pengaruh yang buruk dan senantiasa berada di jalan-Nya. Nilai-nilai pendidikan Islam berkaitan dengan hal-hal yang bersifat abstrak. Bagi anak usia dini hal yang bersifat abstrak belum bisa diterima oleh akal pikiran mereka. Sehingga diperlukan metode dengan kegiatan yang menyenangkan untuk memberikan pengajaran serta pemahaman kepada anak secara konkrit. Kak Bimo merupakan salah satu pendongeng anak yang mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam melalui metode bercerita. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan Islam anak usia dini melalui metode bercerita dalam praktek bercerita Kak Bimo? (2) Apa saja aspek-aspek yang dikembangkan pada anak usia dini melalui praktek bercerita Kak Bimo? (3) Bagaimana strategi bercerita yang digunakan Kak Bimo dalam menyampaikan cerita kepada anak usia dini? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif (study case) dengan subjek penelitian yaitu pendongeng anak Kak Bimo. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis dengan reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kak Bimo mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam pada anak usia dini melalui metode bercerita. Nilai-nilai pendidikan Islam ix diimplementasikan berdasarkan tiga pilar dasar dalam pendidikan Islam yaitu nilai pendidikan I’tiqodiyah, Amaliyah dan Khuluqiyah. Nilai-nilai tersebut disampaikan melalui plot atau narasi, dialog antar tokoh, perilaku atau tindakan tokoh, karakter tokoh, latar setting dan pesan moral dalam sebuah cerita. Selain itu juga disampaikan melalui nyanyian yang disisipkan dalam cerita. (2) Terdapat lima aspek yang dikembangkan Kak Bimo melalui kegiatan bercerita yaitu aspek bahasa, aspek identifikasi perilaku, aspek spiritual, aspek emosi dan aspek sosial. (3) Strategi yang digunakan Kak Bimo dalam menyampaikan sebuah materi kepada anak yaitu dengan memanfaatkan kreativitas ice breaking, dengan penggunaan bahasa yang tepat, dalam menyampaikan cerita lebih atraktif, menggunakan timing yang pas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Rohinah, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Metode Bercerita
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2022 12:49
Last Modified: 15 Mar 2022 12:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50024

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum