MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DRUMBAND PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL (BA) ‘AISYIYAH KARANGANOM KABUPATEN KLATEN

Hanik Nur Azizah, NIM.15430100 (2019) MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DRUMBAND PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL (BA) ‘AISYIYAH KARANGANOM KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DRUMBAND PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL (BA) ‘AISYIYAH KARANGANOM KABUPATEN KLATEN)
15430100_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DRUMBAND PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL (BA) ‘AISYIYAH KARANGANOM KABUPATEN KLATEN)
15430100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam mengembangkan potensi bakat dan minat anak Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Karanganom mengadakan kegiatan ekstrakurikuler drumband. Kegiatan ini sudah memliki banyak prestasi sehingga manajemen kegiatan sangat diperlukan karena menjadi faktor pendukung terlaksananya kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen program ekstrakurikuler drumband PAUD di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Karanganom, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam manajemen program ekstrakurikuler drumband, dan upaya untuk mengatasi hambatan dalam manajemen ekstrakurikuler drumband. Metode penelitian yang dipakai penulis adalah menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu dengan redukdi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola ekstrakurikuler drumband di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Karanganom menerapkan langkah–langkah manajemen dari mulai perencanaan (planning) yang terdiri atas perencanaan pengelolaan kegiatan, rencana pengadaan alat dan perawatan alat drumband, perencanaan anggaran dari sumber dana hingga pengeluaran yang dibutuhkan dalam kegiatan, perencanaan pelatih dan pembuatan jadwal latihan drumband. Pengorganisasian (organizing) telah dilakukan dengan membuat struktur organisasi kepengurusan kegiatan ekstrakurikuler drumband dan memeberi tanggung jawab kepada setiap pengurus untuk malakukan tugasnya masing–masing dengan baik. Penggerakan (actuating) dengan melaksanakan rencana kegiatan yang telah dibuat. Pengawasan (controlling) dan evaluasi dilakukan oleh penanggungjawab kegiatan ekstrakurikuler drumband. Faktor ix pendukungnya adalah memiliki perencanaan, tempat latihan tersedia, orangtua mendukung kegiatan anak, materi yang diberikan menarik, sarana dan prasarana memadai. Faktor penghambatnya adalah kurangnnya anggaran kegiatan, kekurangan pelatih, personil tidak lengkap, anak kurang fokus dalam melakukan latihan. Upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan tersebut adalah seluruh pihak yang bersangkutan dalam kegiatan bekerjasama dalam mencari solusi. Pelatih harus bersabar dalam dalam memberikan materi pada anak. Dewan guru diiukutsertakan dalam kegiatan, anggaran dana ditambai dari dana BOP dan iuran orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.,
Uncontrolled Keywords: manajemen, ekstrakurikuler, drumband PAUD
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Mar 2022 12:48
Last Modified: 15 Mar 2022 12:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50029

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum