PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMETHOD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI DUKUH 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AMIN MIFTAKHUL JANNAH, NIM. 10416001 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMETHOD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI DUKUH 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMETHOD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI DUKUH 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
10416001_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMETHOD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI DUKUH 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
10416001_BAB II SAMPAI BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (859kB)

Abstract

Berbagai macam metode pembelajaran seorang guru harus bisa menyesuaikan dengan materi yang sedang diajarkan,dengan demikian pemahaman siswa tentang Pendidikan Agama Islam bagi siswa akan lebih meningkat.Berdasarkan pemantauan dan pengalaman guru dalam mengajar di SD Negeri Dukuh 2 siswa belum memahami pelajaran PAI dengan benar,hal ini dapat dilihat dari latihan sehari-hari di kelas,umumnya mereka kurang mampu untuk melaksanakan dan mempraktekkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengekplorasikan pentingnya penggunaan Multimetode dalam pembelajaran mengingat kemajuan tehnologi yang sangat pesat. Pada penelitian ini difokuskan pada pertama : Bagaimana penggunaan Multimetode dalam pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri Dukuh 2 Sleman,kedua bagaimana pengaruh penggunaan Multimetode dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa.Oleh karena itu penelitian ini menggunakan desain survey agar supaya memudahkan peneliti mendapatkan data yang akurat tentang pengaruh penggunaan Multimetode terhadap minat belajar siswa SD Negeri Dukuh 2 Sleman,sedang metodenya adalah wawancara dengan elemen sekolah,dokumentasi dan pengamatan langsung, populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SD Negeri Dukuh 2 Sleman yang berjumlah 60 siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan multi metode dalam pembelajaran PAI adalah penggunaan berbagai metode yaitu metode ceramah, metode Tanya jawab, penugasan dan hafalan. Metode ini merupakan penerapan multi metode yang dianggap relevan terhadap pembelajaran PAI di SD Negeri Dukuh 2 Sleman.siswa dengan pembelajaran multi metode sebagaimana hasil penelitian adalah baik, yaitu dengan nilai yang cukup tinggi sesuai dengan hasil angket. Pengaruh penggunaan multi metode dalam pembelajaran PAI menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Pengaruh ini terlihat dari hasil perhitungan skor variable X dan variable Y Melalui data tersebut diketahui bahwa ternyata r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0,747 > 0,254), hal ini berarti multimethode dalam pengajaran PAI mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa SD Negeri Dukuh 2 Sleman dengan tingkat signifikasi tinggi karena berada pada posisi (0.61- 0.80 (Korelasi tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suwadi, M.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: minat belajar, metode pembelajaran, SDN Dukuh2 Sleman
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Mar 2022 10:50
Last Modified: 21 Mar 2022 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50091

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum