PENANAMAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU ISLAMI SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL

IKA TULUS PRATIWI, NIM. 10416039 (2014) PENANAMAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU ISLAMI SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU ISLAMI SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL)
10416039_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU ISLAMI SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL)
10416039_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kegelisahan penulis terhadap akhlak siswa dalam bersikap dab berperilaku terhadap guru, teman, yang masih terlihat menunjukan akhlak dan perilaku yang kurang baik. Siswa cenderung bersikap seenaknya sendiri, berkata dan bersikap kasar, bahkan berani terhadap guru. Sebagai sekolah islam terpadu SDIT Salsabila 3 Banguntapan telah memberikan penanaman akhlak mulia kepada peserta didiknya melalui programprogram keagamaan melalui pembiasaan maupun keteladanan, baik dalam kegiatan intrakulikuler ( dalam pembelajaran dalam kelas ) maupun kegiatan keagaman ekstrakurikuler atau diluar pembelajaran kelas. Namun melihat kenyataan dilapangan yang kurang sesuai dengan harapan dan tujuan dari program ini untuk membentuk dan membiasakan peserta didik bersikap dan berperilaku islami inilah maka penulis akan mencari informasi seperti apa penanaman akhlak dalam membentuk sikap dan perilaku islami siswa yang telah dilakukan melalui berbagai program keagamaan yang dimiliki dan bagaimana tingkat keberhasilannya dalam membentuk akhlak dalam bersikap dan berperilaku islami itu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penanaman nilai yang telah dilakukan dalam membentuk sikap dan perilaku islam melalui kegiatan-kegaiatan keagaman yang telah dilaksanakan. Dari hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk memeberi masukan mengenai upaya dan proses dalam penanaman akhlak kepada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif, yaitu dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil ditemukan, dan dari makna tersebut akan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Poses penanaman akhlak 2 cara yaitu melalui kegiatan terprogram dalam kegiatan intrakurikuler melalui pembiasaan harian : shalat duha, duhur berjamaah, shalat jumat,berdzkir dan doa sesudah shalat, hafalan juz amma,hadis dan doa sehari-hari. Kegitan keagamaan yang masuk dalam ekstrakurikuler yaitu kegiatan MABIT/ malam bina iman dan takwa ( pesantern ramadhan,excellent base camp), muhasabah diri, tadabur alam, baksos dan kemah bakti. Yang kedua melalui kegiatan insentidental yaitu suatu proses penanaman akhlak secara langsung melalui nasehat, bimbingan, sebagai tindak lanjut dari peristiwa terjadi. 2) Tingkat keberhasilan yang dicapai dapat diketahui dari sebagian besar perilaku siswa sudah mencerminkan sikap atau perbuatan berakhlak islami sesuai dengan visi misi dan tujuan program akhlak mulia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: sikap, prilaki islami, SDIT Salsabila Bantul
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Mar 2022 11:06
Last Modified: 27 Jul 2022 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50093

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum