PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI KEDISIPLINAN ṢALAT ḌUHĀ BERJAMAAH DI KELAS V SDIT SALSABILA 4 JETIS BANTUL

AGUS ROZIQ, NIM: 10416040 (2014) PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI KEDISIPLINAN ṢALAT ḌUHĀ BERJAMAAH DI KELAS V SDIT SALSABILA 4 JETIS BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI KEDISIPLINAN ṢALAT ḌUHĀ BERJAMAAH DI KELAS V SDIT SALSABILA 4 JETIS BANTUL)
10416040_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI KEDISIPLINAN ṢALAT ḌUHĀ BERJAMAAH DI KELAS V SDIT SALSABILA 4 JETIS BANTUL)
10416040_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah SDIT Salsabila 4 Jetis Bantul yang berusaha menjadikan kegiatan keagamaan sebagai media pembinaan akhlak untuk menciptakan budaya sekolah yang positif khususnya dalam ṣalat ḍuhā berjamaah. Harapan dari kegiatan ini, agar kegiatan ṣalat ḍuhā berjamaah menjadi suatu kedisiplinan yang menyatu bagi siswa, namun di tengah usaha tersebut masih ada beberapa siswa yang belum menjalankan ṣalat ḍuhā berjamaah dengan disiplin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan akhlak melalui kedisiplinan ṣalat ḍuhā berjamaah, apa faktor pendukung dan penghambatnya, serta bagaimana keberhasilan pelaksanaan pendidikan akhlak melalui kedisiplinan ṣalat ḍuhā berjamaah? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis Pendidikan Akhlak Melalui Kedisiplinan Ṣalat ḍuhā Berjamaah di Kelas V SDIT Salsabila 4 Jetis Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDIT Salsabila 4 Jetis Bantul. Pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, menyajikan data, menganalisa data, dan menginterpretasikan data yang ada dengan metode induktif, yakni melakukan analisa berdasarkan data yang diperoleh sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil peneltian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pendidikan akhlak terintegrasi dalam kegiatan ṣalat ḍuhā berjamaah. Pendidikan akhlak dilaksanakan sejak persiapan sebelum wuḍu sampai berakhirnya kegiatan ṣalat ḍuhā berjamaah. Akhlak yang ditanamkan di dalamnya adalah; kemandirian, qana’ah, disiplin waktu, disiplin kebersihan, kesabaran, kepemimpinan, percaya diri, tanggung jawab, mengingat Allah Swt, bersukur dan tawakkal. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan Pendidikan Akhlak Melalui Kedisiplinan Ṣalat ḍuhā Berjamaah di Kelas V SDIT Salsabila 4 Jetis Bantul adalah adanya manajemen pengelolaan kegiatan sekolah yang baik serta dukungan dari semua pihak, sarana dan prasarana sekolah yang cukup memadai, tertib dalam menjalankan peraturan yang ada, dan kondisi lingkungan yang mendukung, sehingga pelaksanaan ṣalat ḍuhā berjamaah berjalan dengan baik. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat adalah sarana dan prasarana yang tidak berfungsi dengan baik, situasi dan kondisi siswa yang tidak mendukung, dan kurang disiplinnya guru dalam mendampingi siswa. 3) Keberhasilan dalam pendidikan akhlak melalui kedisiplinan ṣalat ḍuhā berjamaah adalah terbentuknya budaya sekolah yang positif dan terbentuknya akhlak mulia pada siswa. Menjadikan watak yang dapat menumbuhkan kebiasaan positif, menentukan dan mempengaruhi kedisiplinan pada kegiatan lain selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: media pembinaan akhlak, sholat dhuha, SDIT Salsabila 4 Jetis Bantul
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Mar 2022 11:15
Last Modified: 21 Mar 2022 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50094

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum