ADAPTASI SOSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA DIFABEL PROGRAM STUDI SOSIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Qorir Yunia Sari, NIM 16720017 (2020) ADAPTASI SOSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA DIFABEL PROGRAM STUDI SOSIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADAPTASI SOSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA DIFABEL PROGRAM STUDI SOSIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16720017_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ADAPTASI SOSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA DIFABEL PROGRAM STUDI SOSIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16720017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Undang-Undang Pasal 9 No. 19 Tahun 2011 menjelaskan pentingnya pemenuhan aksesibilitas difabel dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yaitu pemenuhan fasilitas yang berguna untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran. Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 tentang difabel, pasal 42 ayat 3 mengatur bahwa Perguruan Tinggi memfasilitasi pembentukan Unit Layanan Disabilitas. Kemudian UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki Unit Layanan Disabilitas yaitu Pusat Layanan Difabel (PLD). Bersama-sama mengupayakan dan membangun fasilitas untuk mahasiswa difabel secara lebih baik. Namun, upaya yang dilakukan tetap tidak memungkiri bahwa akan ada kesulitan dan hambatan lain yang dialami oleh mahasiswa difabel dalam proses pembelajaran di UIN Sunan Kalijaga. Seperti yang dialami oleh mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi UIN Sunan Kalijaga. Perlu adanya adaptasi sosial untuk mengatasi hambatan dan terbiasa dengan lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi sosial dalam proses pembelajaran mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teori yang digunakan yaitu teori adaptasi sosial dari Kalervo Oberg. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif, di mana peneliti mendeskripsikan, mengumpulkan, menceritakan tentang kehidupan dan pengalaman-pengalaman mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi selama mengikuti proses pembelajaran di UIN Sunan Kalijaga. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tahap adaptasi sosial yang dilakukan oleh mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi dalam proses pembelajaran. Pertama, tahap Honeymoon (Euphorie) terdapat beberapa mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi yang merasa senang dan antusias ketika pertama kali di UIN Sunan Kalijaga. Kedua, tahap Culture Shock muncul berbagai hambatan dalam proses pembelajaran, yaitu 1) perasaan aneh dan canggung, 2) mobilitas, 3) presentasi, 4) UTS dan UAS, 5) akses e-learning, 6) mata kuliah dan tugas, 7) penyampaian materi dan interaksi dengan dosen, 8) Kuliah Kerja Nyata. Ketiga, tahap Recovery yang ditandai dengan mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi berusaha mengatasi hambatan yang dialami dan menerapkannya secara terus-menerus. Keempat, tahap Adjusment yang terdapat mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi mulai terbiasa dengan proses pembelajaran dan lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Hingga dapat meraih berbagai pencapaian, baik akademik maupun non-akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Achmad Zainal Arifin, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Adaptasi Sosial, Proses Pembelajaran, Mahasiswa Difabel
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Mar 2022 11:14
Last Modified: 22 Mar 2022 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50096

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum