EVALUASI SISTEM INFORMASI OPAC (ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE) OPEN LIBRARY TELKOM UNIVERSITY BANDUNG DENGAN PENDEKATAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Yuni Andriyani, NIM.16140092 (2020) EVALUASI SISTEM INFORMASI OPAC (ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE) OPEN LIBRARY TELKOM UNIVERSITY BANDUNG DENGAN PENDEKATAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI SISTEM INFORMASI OPAC (ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE) OPEN LIBRARY TELKOM UNIVERSITY BANDUNG DENGAN PENDEKATAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS))
11120090_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (887kB) | Preview
[img] Text (EVALUASI SISTEM INFORMASI OPAC (ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE) OPEN LIBRARY TELKOM UNIVERSITY BANDUNG DENGAN PENDEKATAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS))
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem informasi OPAC Open Library Telkom University berdasarkan kepuasan pengguna dengan menggunakan model End User Computing Satisfaction (EUCS) yang memiliki lima dimensi utama yaitu dimensi isi (content), dimensi akurat (accuracy), dimensi bentuk (format), dimensi kemudahan penggunaan (ease of use) dan dimensi ketepatan waktu (timeliness). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Pemustaka Open Library Telkom University Bandung sedangkan objek dari penelitian sendiri adalah kepuasan pengguna sistem informasi OPAC Open Library Telkom University Bandung. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian diuji keabsahannya melalui triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara keseluruhan sistem informasi OPAC Open Library Telkom University Bandung sangat membantu segala aktivitas penelusuran koleksi yang dilakukan oleh pemustaka diantaranya seperti hasil penelusuran menggunakan OPAC terbilang cepat dan tepat waktu serta memberikan laporan penelusuran yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka, konten informasi sistem sangat beragam dan memenuhi kebutuhan informasi pemustaka, tampilan pada OPAC yang ramah pengguna serta mudah untuk diaplikasikan didukung dengan adanya beberapa pedoman penggunaan yang telah disediakan selain pedoman Open Library Telkom University Bandung juga konsisten melaksanakan pendidikan pemakai (user education). Namun masih ada beberapa kelemahan pada tingkat akurasi sistem seperti sulitnya menemukan kata kunci yang sesuai, sistem pernah terjadi error, ketidaksesuaian hasil pencarian melalui OPAC dengan ketersediaan di rak koleksi, dan format penempatan fitur-fitur pada sistem kurang efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurdin Laugu S.Ag., S.S., MA
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, OPAC (Online Public Access Catalogue), End User Computing Satisfaction (EUCS
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Mar 2022 09:28
Last Modified: 23 Mar 2022 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum