HUBUNGAN ANTARA KEBERFUNGSIAN KELUARGA, TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESI VERBAL PADA SISWA SMK X YOGYAKARTA

Yesi Kurnianingsih, NIM. 14710030 (2019) HUBUNGAN ANTARA KEBERFUNGSIAN KELUARGA, TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESI VERBAL PADA SISWA SMK X YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KEBERFUNGSIAN KELUARGA, TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESI VERBAL PADA SISWA SMK X YOGYAKARTA)
14710030_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KEBERFUNGSIAN KELUARGA, TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESI VERBAL PADA SISWA SMK X YOGYAKARTA)
14710030_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keberfungsian keluarga, tipe kepribadian ekstrovert dan kecenderungan perilaku agresi verbal pada siswa SMK X Yogyakarta. Subjek dalam peneitian ini adalah 47 siswa yang bersekolah di SMK X Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan alat pengumpulan data berupa penggunaan skala psikologi. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala agresi verbal, skala keberfungsian keluarga dan skala tipe kepribadian ekstrovert. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi ganda dan korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa ada hubungan antara keberfungsian keluarga, tipe kepribadian ekstrovert dan kecenderungan perilaku agresi verbal pada siswa SMK X Yogyakarta dengan nilai korelasi sebesar 0,721. Nilai korelasi antara keberfungsian keluarga dan kecenderungan perilaku agresi verbal sebesar -0,689. Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan negatif antara keberfungsian keluarga dengan perilaku agresi verbal pada siswa SMK X Yogyakarta. Sedangkan nilai korelasi tipe kepribadian ekstrovert dan kecenderungan perilaku agresi verbal sebesar 0,579. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara tipe kepribadian ekstrovert dengan kecenderungan perilaku agresi verbal pada siswa SMK X Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nuristighfari Masri Khaerani, S.Psi., M.Psi
Uncontrolled Keywords: Agresi Verbal, Keberfungsian Keluarga, Tipe Kepribadian Ekstrovert
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Mar 2022 11:50
Last Modified: 23 Mar 2022 11:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50116

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum