HUBUNGAN ANTARA COPING YANG BERFOKUS PADA MASALAH DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DENGAN STRES AKADEMIK SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR

Ardhy Ridwanullah Badaruddin, NIM. 14710069 (2019) HUBUNGAN ANTARA COPING YANG BERFOKUS PADA MASALAH DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DENGAN STRES AKADEMIK SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA COPING YANG BERFOKUS PADA MASALAH DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DENGAN STRES AKADEMIK SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR)
14710069_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA COPING YANG BERFOKUS PADA MASALAH DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DENGAN STRES AKADEMIK SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR)
14710069_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Mahasiswa sebagai subjek dalam penelitian prokrastinasi akademik memang ideal karena mahasiswa menghadapi tekanan dan tuntutan untuk membaca literatur, menyerahkan tugas, ataupun melakukan penyajian materi secara konstan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Coping yang Berfokus pada Masalah dan prokrastinasi akademik melalui stres akademik sebagai mediator pada mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini adalah Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang berasal dari empat fakultas yaitu Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Ilmu Sosial dan Humaniora, Syariah dan Hukum, Sains dan Teknologi yang berjumlah 265 mahasiswa (N=265) dengan berdasarkan pada cluster random sampling sebagai metode pengambilan sampel dengan fakultas sebagai cluster. Metode analisis data menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur menunjukkan pengaruh tidak langsung -0.142 dan efek langsung sebesar -0.158. Diketahui pula pengaruh total 30.03%. Artinya bahwa hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan negatif antara Coping yang Berfokus pada Masalah dengan stres akademik, terdapat hubungan yang positif antara stres akademik dengan prokrastinasi akademik dan terdapat hubungan yang negatif antara Coping yang Berfokus pada Masalah dengan prokrastinasi akademik yang dimediatori stres akademik pada mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dimana semakin tinggi strategi Coping yang Berfokus pada Masalah pada mahasiswa, maka semakin rendah prokrastinasi akademik melalui stres akademik yang juga semakin rendah. Diketahui juga bahwa masih terdapat 69.97% dari prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh variabel selain Coping yang Berfokus pada Masalah dan stres akademik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Zidni Immawan Muslimin, S.Psi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, Coping yang Berfokus pada Masalah, Stres Akademik
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Mar 2022 15:52
Last Modified: 24 Mar 2022 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50122

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum