PERAN EFIKASI DIRI DAN PERILAKU PENGAMBILAN RISIKO TERHADAP ORIENTASI MASA DEPAN SISWA JURUSAN AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 SLEMAN

Akhmad Najib Musthofa, NIM. 15710022 (2019) PERAN EFIKASI DIRI DAN PERILAKU PENGAMBILAN RISIKO TERHADAP ORIENTASI MASA DEPAN SISWA JURUSAN AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN EFIKASI DIRI DAN PERILAKU PENGAMBILAN RISIKO TERHADAP ORIENTASI MASA DEPAN SISWA JURUSAN AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 SLEMAN)
15710022_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN EFIKASI DIRI DAN PERILAKU PENGAMBILAN RISIKO TERHADAP ORIENTASI MASA DEPAN SISWA JURUSAN AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 SLEMAN)
15710022_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan perilaku pengambilan risiko terhadap orientasi masa depan siswa Program Keagamaan MAN 3 Sleman. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Penelitian ini dilakukan pada siswa Program Keagamaan MAN 3 Sleman dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala efikasi diri, skala perilaku pengambilan risiko, dan skala orientasi masa depan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda dan uji korelasi product moments. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan perilaku pengambilan risiko terhadap orientasi masa depan, dengan nilai signifikasi sebesar p = 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut berarti bahwa secara bersama-sama efikasi diri dan perilaku pengambilan risiko memiliki hubungan yang signifikan dengan orientasi masa depan. Efikasi diri dan perilaku pengambilan risiko memiliki sumbangan efektif terhadap orientasi masa depan sebesar 58,4%. Sementara itu, 41,6% masih ada faktor-faktor lain yang dapat berperan terhadap orientasi masa depan, seperti dukungan sosial, pola asuh orang tua, harga diri, intelejensi, dan kesehatan fisik. Kata Kunci: Orientasi Masa Depan, Efikasi Diri, Perilaku Pengambilan Risiko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Benny Herlena, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: efikasi diri dan perilaku, risiko terhadap orientasi masa depan siswa, jurusan agama madrasah aliyah negeri 3 sleman
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Mar 2022 12:39
Last Modified: 28 Mar 2022 12:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50139

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum