NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU SELF DRIVING : MENJADI DRIVER ATAU PASSENGER KARYA RHENALD KASALI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

NUR SAHID, NIM. 14410053 (2020) NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU SELF DRIVING : MENJADI DRIVER ATAU PASSENGER KARYA RHENALD KASALI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU SELF DRIVING : MENJADI DRIVER ATAU PASSENGER KARYA RHENALD KASALI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
14410053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU SELF DRIVING : MENJADI DRIVER ATAU PASSENGER KARYA RHENALD KASALI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
14410053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kompetensi kepemimpinan menjadi hal yang penting bagi guru pendidikan agama islam. Penelitian ini mencoba mengkaji sebuah buku yang terkait dengan kompetensi kepemimpinan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai kepemimpinan dalam buku Self Driving : Menjadi Driver atau Passenger Karya Rhenald Kasali dan mengetahui relevansinya dengan kompetensi kepemimpinan guru pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai-nilai kepemimpinan dalam sebuah buku self driving : menjadi driver atau passenger karya Rhenald Kasali dan relevansinya dengan kompetensi kepemimpinan guru pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang meneliti sebuah buku berjudul Self Driving : Menjadi Driver atau Passenger karya Rhenald Kasali yang diteliti menggunakan pendekatan content analysis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai-nilai kepemimpinan dalam buku Self Driving : Menjadi Driver Atau Passenger karya Rhenald Kasali terbagi menjadi tiga yaitu, nilai sosial, nilai politik dan nilai agama. Nilai sosial yakni seseorang hendaknya memiliki mental untuk membantu orang lain agar mereka berhasil juga, karena seorang driver hidup saling berinteraksi. Seorang driver juga hendaknya mampu mengembangkan orang lain sehingga orang tersebut memiliki kualitas yang lebih baik. Nilai politik yakni, seorang drivers bisa berperan dimanapun ia berada, baik diperusahaan tempatnya bekerja, sekolah tempatnya mendidik peserta didik maupun di pemerintahan sebagai pejabat atau abdi negara. Nilai agama yakni, seorang driver hendaknya mampu mengendarai "kendaraan" yang dipinjamkan Tuhan selama kehidupan berlangsung yang akan mengantarkan setiap manusia menuju impian-impiannya. Relevansi nilai-nilai kepemimpinan dalam buku Self Driving : Menjadi Driver atau Passenger terhadap kompetensi guru pendidikan agama islam adalah seorang guru hendaknya dapat memiliki kompetensi kepemimpinan seperti yang disebutkan dalam peraturan menteri agama nomor 16 tahun 2010 dan hal tersebut tersebut tercermin didalam buku Self Driving. Hal pertama yang harus dimiliki adalah perencanaan dan perilaku akhlak mulia karena akhlak mulia, aktif dalam organisasi sekolah, kemudian menjadi inovator, motivator, fasilitator, pembimbing dan konselor. Guru pendidikan agama islam juga harus dapat menjaga pengamalan ajaran agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA
Uncontrolled Keywords: Hakikat Kepemimpinan, Kepemimpinan dalam Islam, Nilai- Nilai Kepemimpinan, dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Mar 2022 14:10
Last Modified: 29 Mar 2022 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50173

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum