RASIONALITAS NARATIF DALAM KOMUNIKASI (Studi Deskriptif Kualitatif pada Forum Ngaji Filsafat Masjid Jendral Sudirman Yogyakarta )

Ahmad Qoiman, NIM. 15730087 (2019) RASIONALITAS NARATIF DALAM KOMUNIKASI (Studi Deskriptif Kualitatif pada Forum Ngaji Filsafat Masjid Jendral Sudirman Yogyakarta ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RASIONALITAS NARATIF DALAM KOMUNIKASI (Studi Deskriptif Kualitatif pada Forum Ngaji Filsafat Masjid Jendral Sudirman Yogyakarta ))
15730087_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RASIONALITAS NARATIF DALAM KOMUNIKASI (Studi Deskriptif Kualitatif pada Forum Ngaji Filsafat Masjid Jendral Sudirman Yogyakarta ))
15730087_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Filsafat dikatakan sebagai induk semua ilmu, usainya sudah sangat tua. Tetapi tetap saja peminatnya hanya segelintir orang. Citra umum filsafat mendapat tempat yang kurang baik dalam realita sosial. Kesan membingungkan, rumit, sulit dipahami hingga menyesatkan kerap dilabelkan pada filsafat. Forum Ngaji Filsafat di Masjid Jendral Sudirman Yogyakarta mampu membuat pendengarnya jatuh cinta pada filsafat. Eksistensinya bisa diuji sejak kehadirannya pada tahun 2013 silam. Pengunjung yang terus bertambah dan masifikasi filsafat di media sosial yang semakin viral menjadi bukti nyatanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana rasionalitas naratif, yang merupakan bagian dari teori paradigma naratif dalam ranah komunikasi publik, mampu mempersuasi perubahan sikap para santri Filsafat Ngaji terhadap filsafat itu sendiri yang dikenal rumit. Koherensi dan kebenaran adalah tolok ukur dalam menilai narasi dalam forum Ngaji Filsafat di MJS untuk dikatakan dapat membujuk pendengar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data, serta analisis deskriptif sebagai teknik analisis datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasionalitas naratif dalam komunikasi pada forum Ngaji Filsafat di Masjid Jendral Sudirman Yogyakarta sukses membuat pendengar mampu memahami filsafat dengan mudah. Metode yang dilakukan adalah dengan berkisah dan membuat analogi sederhana terkait ide-ide filosofis para tokoh yang dibahas di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fajar Iqbal, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Rasionalitas Naratif, Komunikasi, Ngaji Filsafat, Masjid Jendral Sudirman
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Mar 2022 14:54
Last Modified: 29 Mar 2022 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum