PERTUMBUHAN DAN KADAR PROTEIN DAGING IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum Saanin, 1984) SETELAH PEMBERIAN PAKAN

Diah Wulandari, NIM. 14640031 (2020) PERTUMBUHAN DAN KADAR PROTEIN DAGING IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum Saanin, 1984) SETELAH PEMBERIAN PAKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERTUMBUHAN DAN KADAR PROTEIN DAGING IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum Saanin, 1984) SETELAH PEMBERIAN PAKAN)
14640031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERTUMBUHAN DAN KADAR PROTEIN DAGING IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum Saanin, 1984) SETELAH PEMBERIAN PAKAN)
14640031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ikan Bawal air tawar (Colossoma macropomum)merupakan salah satu komoditas perikanan yang cukup populer di masyarakat dan memiliki nilai ekonomis untuk dibudidaya. Ikan ini memiliki nafsu makan yang sangat besar, sehingga kebutuhan pakan juga sangat besar. Kebutuhan pakan yang sangat besar menimbulkan permasalahan bagi pembudidaya, sehingga memerlukan pakan yang tepat untuk memperoleh hasil yang maksimal dan daging yang berkualitas.Perlu adanya pakan yang ekonomis dan mampu meningkatkanpertumbuhan dan kadar protein Ikan Bawal air tawar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon pertumbuhan dan kadar protein Ikan Bawal air tawar yang diberi formulasi pakan alami Azolla microphylla, bekicot (Achatina fulica), dan ampas tahu. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan, masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Berdasarkan data hasil one wayAnova pemberian pakan dengan formulasi dan konsentrasi yang berbeda menunjukkan peningkatan pertumbuhan,peningkatan tersebut tidak berpengaruh signifikandibanding kontrol.Setelah pemberian pakan terjadi peningkatan kadar protein pada daging Ikan Bawal air tawar dan peningkatan yang paling tinggi terdapat pada perlakuan dengan formulasi pakan 86% daging bekicot dan 14% Azolla microphylla (157,9 mg/g). Tidak ada korelasiantara kadar protein dengan pertumbuhan (panjang tubuh) ikan setelah pemberian variasi perlakuan pakan. Formulasi pakan berpotensi menggantikan pelet komersial dipasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Jumailatus Solihah, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Ikan Bawal air tawar (Colossoma macropomum),Azolla microphylla, bekicot,ampastahu, protein, pakan alami.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Mar 2022 13:55
Last Modified: 30 Mar 2022 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum