STUDI TENTANG TRADISI SAPARAN DI DUSUN KWAGON, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Aprilianda Aji, NIM. 18105020063 (2022) STUDI TENTANG TRADISI SAPARAN DI DUSUN KWAGON, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG TRADISI SAPARAN DI DUSUN KWAGON, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18105020063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG TRADISI SAPARAN DI DUSUN KWAGON, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18105020063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tradisi Saparan merupakan tradisi yang diselenggarakan oleh masyarakat Dusun Kwagon, Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman. Tradisi Saparan merupakan upacara adat tahunan yang digelar warga yang biasa dilaksanakan pada bulan Shafar. Fokus kajian dalam penelitian ini ialah memberikan gambaran mengenai tradisi Saparan, dan juga pandangan masyarakat terhadap tradisi Saparan. Pelaksanakan tradisi Saparan ini dihubungkan dengan mayoritas pekerjaan warga masyarakat dusun Kwagon yakni sebagai pengrajin batu-bata, genteng dan petani. Pelaksanaan tradisi Saparan merupakan simbol yang diutarakan melalui sebuah tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur dan ungkapan rasa terima kasih kepada Tuhan atas alam dan limpahan rezeki. Pandangan masyarakat mengenai tradisi Saparan merupakan suatu yang disakralkan pada setiap pelaksanaannya. Saat pelaksanaan tradisi Saparan antusias warga masyarakat dalam maupun luar daerah sangat baik dibuktikan dengan kehadiran penonton yang sangat banyak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi data. Dengan melakukan penelitian melalui wawancara beberapa sumber yang berkaitan dengan tradisi Saparan dan mengamati situasi dan kondisi lapangan. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Dusun Kwagon, Desa Sidorejo Kecamatan Godean Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang meliputi tokoh masyarakat, panitia pelaksana Tradisi Saparan dan masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam upacara adat Tradisi Saparan. Teori yang digunakan untuk menghubungkan fenomena keagamaan ini ialah teori dari Emile Durkheim antara lain sakral dan profan, sosiologi dan masyarakat, dan totemisme atau simbol-simbol. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar dari masyarakat tetap ingin melestarikan dan mempertahankan tradisi ini yang merupakan bagian dari budaya Jawa. Alasan menyelenggarakan tradisi Saparan karena sudah adat dan tradisi turun-temurun dan sebagai simbol ungkapan rasa syukur kepada Tuhan khususnya sudah di berikan perbukitan yang dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan batu-bata dan genteng. Manfaat dari penyelenggaraan tradisi Saparan ialah sebagai bentuk kerukunan, menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga masyarakat, dan sebagai doa agar produksi batu-bata, genteng dan petani diberikan hasil yang baik. Fungsi dari tradisi Saparan bagi masyarakat ialah membantu ekonomi warga masyarakat dengan cara berjualan saat pentas kesenian dalam tradisi Saparan. Tradisi Saparan ini mengalami perubahan seiring perkembangan zaman, awalnya hanya berbentuk kenduri dalam RT 4 dan RT 5, tetapi saat ini sudah dikemas dengan pentas kesenian dan arak-arakan tumpeng dengan sangat meriah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Rahmat Fajri, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Saparan, Tradisi, Sakral, Simbol, Masyarakat
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Mar 2022 13:31
Last Modified: 31 Mar 2022 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50215

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum