PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI PYTHAGORAS BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Binti Hiya Isnaini, NIM. 17106000008 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI PYTHAGORAS BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI PYTHAGORAS BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK)
17106000008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI PYTHAGORAS BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK)
17106000008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi Pythagoras berbasis discovery learning untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik dan untuk mengetahui kevalidan dari LKPD matematika materi Pythagoras berbasis discovery learning untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Rancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap develop (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi produk LKPD dan lembar validasi instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Sumber data dan subjek penelitian yaitu validator ahli materi dan validator ahli media untuk memvalidasi produk LKPD dan validator ahli untuk memvalidasi instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan formula Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi Pythagoras berbasis discovery learning untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator ahli materi dengan nilai rata-rata validitas sebesar 0,76 dan penilaian validator ahli media dengan nilai rata-rata validitas 0,73. Hasil penelitian tersebut termasuk dalam kategori tinggi dan dapat dikatakan valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi Pythagoras berbasis discovery learning untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik layak diuji cobakan kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibrahim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: LKPD, Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pythagoras
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Mar 2022 13:30
Last Modified: 13 May 2022 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50224

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum